1. Mata Panda

Salah satu masalah kecantikan wanita yang paling ditakutkan adalah munculnya mata panda. Hal ini paling sering dijumpai dan mudah dilihat. Munculnya lingkar hitam di mata atau biasa dikenal dengan mata panada atau dark circle ini akan muncul jika kamu begadang dan kurang tidur. Hal ini sejatinya terjadi karena mata kamu terlalu lelah dan kurang istirahat.

Karena setiap orang pada dasarnya memiliki pembuluh darah tipis di bawah area mata, sehingga ketika seseorang mengalami kurang tidur atau kelelahan, maka pembuluh darah tersebut akan melebar dan menghitam kemudian jadilah yang namanya mata panda. Selain karena kurang tidur, mata panda bisa juga disebabkan terlalu lama menatap layar komputer atau gadget juga lho!

Jadi, semakin sering kamu melewatkan waktu tidur dan terlalu lama di depan monitor atau layar gadget, maka pembuluh darah di bawah mata akan semakin jelas terlihat. 

 

source: http://www.ahlinyapenyakitmata.web.id


 

<baca juga>

2. Keriput dan Kusam

Masalah kecantikan wanita yang paling ditakuti selanjutnya adalah keriput. Coba wanita mana yang mau atau suka jika kulitnya tampak keriput dan kusam? Oleh karena itu kamu perlu tahu juga bahwa kulit keriput dan kusam ternyata juga bisa disebabkan karena kurang tidur.

Jika kamu kurang tidur, maka akan terjadi peningkatan inflamasi yang mengurangi produksi kolagen yang sebenarnya berfungsi untuk yang memberikan efek berkilau, lembab dan kenyal pada kulit serta berdampak juga pada produksi asam hyaluronic yang berfungsi untuk mempertahankan kecerahan kulit. Oleh karena itu, jika kamu kekurangan kolagen sekaligus asam hyaluronic, kulit akan tampak keriput dan kusam.

Selain itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan tubuh tidak mempunyai cukup waktu untuk melakukan proses detoksifikasi. Istirahat dan tidur cukup merupakan salah satu cara efektif dan efisien membuat kulit kamu tetap segar, sehat dan kenyal sehingga bebas dari masalah keriput maupun kulit kusam. 

 

source: http://www.infokesehattan.com


 

3. Penuaan Dini

Bukan hanya mata panda dan keriput, penuaan dini juga menjadi masalah kecantikan wanita yang paling menakutkan. Kurang tidur dapat mengganggu proses regenerasi sel kulit yang rusak. Jika regenerasi tersebut tidak berjalan optimal, maka akan mempercepat penuaan pada kulit kamu.

Jika kamu mau memperhatikan, seseorang yang memiliki insomnia dan tidak tidur dengan cukup di malam hari bisa tampak lebih tua dari umur aslinya. Selain terjadi keriput, sel-sel kulit yang rusak tidak dapar diperbaharui secara maksimal sehingga kulit tidak tampak fresh lagi. Seperti halnya keriput, kolagen juga juga berpengaruh besar dalam hal ini. Oleh karena itu tidurlah yang cukup agar produksi kolagen dan regenerasi sel kulit kamu tidak terganggu.

 

source: https://www.dream.co.id


 

<baca juga>

4. Jerawat

Masih adakah masalah kecantikan wanita lainnya yang menjadi momok? Ternyata masih ada lho, yaitu masalah jerawat. Untuk kamu yang memiliki kulit sensitif dan rentan berjerawat sebaiknya tidurlah dengan cukup setiap harinya.

Hal ini dikarenakan salah satu pemicu munculnya jerawat atau hal yang memperparah jerawat adalah karena kamu kurang tidur. ketika kamu kurang tidur atau istirahat biasanya akan berpengaruh juga pada emosi dan kesehatan mental.

Tanpa isadari kamu akan mudah stres dan depresi. Hal tersebut menyebabkan hormon kortisol di dalam tubuh jumlahnya meningkat sehingga tubuh menjadi rentan terhadap peradangan serta inflamasi. Jerawat sendir adalah salah satu bentuk dari peradangan, sedangkan inflamasi selain memunculkan keriput juga membuat kulit mudah berjerawat serta alergi.

 

source: https://www.fimela.com