Munculnya Benjolan Pada Payudara

Benjolan di dalam payudara merupakan salah satu pertanda awal dari munculnya kanker payudara lho Ladies. Dan benjolan ini tidak selalu terasa sakit. Meski begitu, tidak semua benjolan yang muncul merupakan benjolan kanker payudara. Benjolan ini teraba saat kamu melakukan pemeriksaan pribadi di rumah. Biasanya teraba saat  sedang masa menstruasi.

source: https://meetdoctor.com


 

<baca juga>

Pembengkakan Disekitar Ketiak & Payudara

Ladies, Pembengkakan pada sekitar payudara dan ketiak jangan sampai kamu abaikan, sebab adanya pembengkakan di payudara bisa disebabkan oleh peradangan akibat kanker di payudara lho, yang menandakan bahwa kanker berkembang secara agresif. Bengkak atau benjolan di sekitar tulang selangka (yang menghubungkan tulang dada dengan tulang belikat) atau ketiak bisa diakibatkan oleh kanker yang telah menyebar ke kelenjar getah bening di area tersebut.

source: http://doktersehat.com


 

Perubahan Kulit Payudara

Perubahan warna ini terkadang disalahartikan dengan infeksi. Padahal, jika kamu tidak yakin dengan benjolan yang muncul di dalam payudara, perubahan warna kulit mungkin bisa membuat kamu lebih waspada dengan kanker payudara lho.Kare na, pada tahap ini, kulit payudara akan menjadi kemerahan, seperti terjadi iritasi, tekstur kulit terasa seperti kulit jeruk, permukaan kulit area payudara yang terkena kanker tampak berlekuk-lekuk, dan terjadi penebalan kulit.

source: http://beautynesia.id


 

<baca juga>

Perubahan Bentuk Puting Payudara

Beberapa kanker payudara akan menyebabkan apa yang disebut putting retraksi, yaitu di mana puting masuk ke dalam. Biasanya, itu karena massa yang tumbuh di dalam payudara dan perubahan bentuknya.

source: https://bukusakudokter.org


 

Rasa Nyeri di Payudara

Kamu perlu berhati-hati bila ada rasa sakit di payudara ya . Sebagian besar gejala-gejala kanker payudara yang masih tahap awal tidak disertai dengan nyeri payudara. Biasanya masalah nyeri di payudara hanya diakibatkan oleh siklus menstruasi—hal ini wajar terjadi pada setiap perempuan. Bila kamu merasakan nyeri payudara yang parah atau yang tetap terasa serta bukan disebabkan oleh siklus menstruasi,  harus periksa ke dokter. Bisa jadi itu memang adalah gejala-gejala kanker payudara yang perlu segera ditangani.

source: http://shabanbreastclinic.com