Salah satu risiko dari tinggal di kota besar padat penduduk yaitu kamu harus selalu siap berhadapan dengan polusi dan debu, terutama apabila kamu beraktivitas dengan memanfaatkan kendaraan umum. Tak jarang hal yang terlihat sepele inipun berdampak pada masalah kesehatan, bahkan kecantikan bagi sebagian besar wanita.

Jika kamu wanita yang aktif dan senantiasa berhadapan dengan polusi setiap harinya, yuk ketahui apa saja masalah kecantikan wanita yang umum dan cara mencegahnya!


Jerawat


Kotoran seperti debu bisa menjadi salah satu pemicu masalah kecantikan wanita yang cukup umum ditemui, yaitu jerawat. Debu yang mengenai wajah sangat mungkin untuk bercampur dengan minyak dan terjebak di dalam pori-pori kulit. Hal inilah yang membuat kulitmu rentan berjerawat, terutama ketika kulit wajah terkena kontak dengan bakteri.

Cara mencegah: Bersihkan wajahmu secara menyeluruh setelah beraktivitas di luar ruangan. Hapus make up hingga tuntas, cuci muka, dan gunakan toner setelahnya jika dirasa perlu. Rajin melakukan eksfoliasi juga bisa membantu membersihkan kulit dari kotoran dan komedo yang menyumbat pori-pori.
 

source: http://popculture.com/


Penuaan Dini


Udara kotor ternyata bisa membuat kulit terlihat kusam karena bisa mengurangi kadar oksigen dari sel kulit. Semakin menua, semakin sulit pula bagi tubuh untuk melawan radikal bebas, dan udara kotor serta polusi malah meningkatkan radikal bebas di udara. Kombinasi hal ini bisa mengurangi produksi kolagen pada kulit dan mengurangi elastisitas kulit.

Cara mencegah: Kenakan pakaian tertutup dan masker apabila kamu perlu melewati daerah dengan polusi yang tinggi. Bersihkan rumah secara rutin, terutama permukaan karpet dan perbaotan rumah agar udara di dalam rumah pun tetap bersih dari debu.

 

source: https://www.quantumbooks.com/
baca juga


Alergi dan Ruam


Selanjutnya, kandungan racun pada udara yang berpolusi bisa merusak kulit, terutama pada bagian wajah, leher, serta tangan. Reaksi yang umum dialami pun yaitu reaksi alergi yang ditandai dengan gejala hidung berair, mata merah, serta rasa gatal dan ruam merah pada permukaan kulit. 

Cara mencegah: Kenakan pakaian tertutup saat kamu harus beraktivitas di luar ruangan, dan jangan lupa bersihkan kulit secara menyeluruh agar tidak ada kotoran tersisa di permukaan kulit. Kamu juga bisa menggunakan skincare sesuai dengan kebutuhan jika dirasa perlu.
 

source: https://www.pexels.com/