Bercak kecoklatan atau hitam yang muncul di permukaan kulit biasa disebut dengan tahi lalat. Tahi lalat bisa tumbuh sejak dini, namun rata-rata akan semakin berkembang saat menginjak usia 20 tahun. Memiliki 10 hingga 40 tahi lalat adalah hal yang wajar dan tidak perlu membuat kamu khawatir.

Tahi lalat cenderung tidak berbahaya, kecuali sudah menunjukkan kanker kulit melanoma. Jika sudah membahayakan, biasanya akan diambil tindakan operasi atau bedah. Cara menghilangkan tahi lalat bisa dengan tindakan medis atau pun dengan cara alami. Berikut ulasannya!

source: http://khoobsurati.com



 

Menghilangkan Tahi Lalat dengan Cara Medis


Memilih cara ini, kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih cepat, tapi tentu kamu juga harus menyiapkan budget karena tindakan ini harus dilakukan oleh dokter. Kamu bisa memilih cara menghilangkan tahu lalat secara medis diantara cara-cara berikut!

source: http://www.alodokter.com


1. Menggunakan Cairan Nitrogen
Cairan nitrogen ternyata bisa membantu kamu menghilangkan tahi lalat kamu. Caranya adalah tahi lalat kamu akan disemprot dengan cairan yang sangat dingin yang berasal dari nitrogen. Tahi lalat kemudian akan hilang namun tergantikan dengan luka melepuh. Luka tersebut akan membaik dan sembuh dengan sendirinya.

2. Bedah Cukur
Bedah yang satu ini dilakukan untuk ukuran tahi lalat yang tidak terlalu besar.  Daerah di sekitar tahi lalat akan dibius oleh dokter, kemudian tahi lalat akan dipotong dan diangkat menggunakan piasu kecil. Karena tahi lalat yang diangkat berukuran kecil, maka tidak dibutuhkan jahitan setelah bedah ini.

3. Bedah Eksisi
Bedah eksisi dilakukan untuk menghilangkan tahi lalat dengan ukuran yang lebih besar. Pertama-tama dokter akan membius jaringan sekitar tahi lalat, lalu dokter akan memotong tahi lalat beserta jaringan kulit disekitar tahi lalat tersebut dengan pisau bedah. Kemudian luka tersebut akan dijahit agar tertutup.

4. Membakar Jaringan Tahi Lalat
Membakar jaringan tahi lalat dapat memusnahkan tahi lalat tersebut. Pembakaran dilakukan dengan cara mengalirkan listrik melalui logam panas untuk ditempelkan di tahi lalat. Metode ini mungkin saja tidak berhasil dalam satu kali coba dan mungkin dilakukan beberapa kali untuk menghilangkan tahi lalat.

 

<baca juga>

Menghilangkan Tahi Lalat Dengan Cara Alami


Jika tahi lalat tidak berbahaya dan hanya dirasa merusak penampilan, kamu lebih baik memilih cara alami untuk menghilangkannya. Cara alami ini lebih ekonomis dibanding cara medis dan juga lebih minim resiko. Berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan tahi lalat secara alami.

source: http://cukaapel.org/


1. Jus Nanas
Bukan hanya rasanya saja yang enak, tapi nanas juga memiliki banyak manfaat untuk kulit. Nanas bisa membantu kamu menghilangkan tahi lalat. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu membuat jus nanas tanpa gula, kemudian oleskan jus tersebut pada tahi lalat dan tunggu hingga kering. Kamu bisa melakukannya beberapa kali hingga tahi lalatnya benar-benar hilang.

2. Cuka Apel
Kamu pasti tahu dong kalau cuka apel punya banyak maanfaat untuk dunia kecantikan? Kandungan asam asetat dalam cuka apel ternyata juga bagus untuk pencegahan kanker kulit, lho! Cara menghilangkan tahi lalat dengan cuka apel sangat mudah, Kamu cukup mengoleskan cuka apel ke tahi lalat menggunakan kapas atau cotton bud, kemudian tunggu hingga mengering. Tapi sebelumnya jangan lupa basuh tahi lalatmu dengan air hangat terlebih dahulu ya!

3. Getah Bunga Kamboja
Cara ini dipercaya ampuh bahkan untuk menghilangkan tahi lalat yang paling bandel sekalipun. Kamu cukup meneteskan getah bunga kamboja ke kapas, kemudian tempelkan pada tahi lalat. Tunggu 2 hingga 3 jam sampai getah meresap, setelah itu buka kapas dengan hati-hati.

4. Lemon dan Gula Pasir
Iris lemon menjadi dua bagian, kemudian taburi gula pasir di atasnya. Setelah itu, gosokkan ke area tahi lalat selama kurang lebih 5 menit. Scrub gula pasir memang dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati, sedangkan lemon memiliki khasiat mencerahkan kulit.