Lakukan tes terlebih dahulu

Cuka apel mengandung asam asetik yang bersifat antibakteri dan keratolitik sehingga mampu melawan bakteri penyebab jerawat. Namun, pemakaian cuka apel untuk wajah tidaklah boleh sembarangan terutama untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Untuk melakukan pengetesan apakah kamu cocok atau tidak menggunakan cuka apel, cobalah teteskan cuka apel yang telah diencerkan dengan  air dengan perbandingan 4:1 (air : cuka apel).

Kemudian, aplikasikan ke belakang telinga selama 15 menit  dan lihat reaksi kulit yang dialami. Jika kulit mengalami iritasi dan menyebabkan sensasi terbakar, sebaiknya penggunaan cuka apel di wajah dihindari. Atau jika masih penasaran, buatlah campuran air dan cuka apel lebih encer lagi. 

source: https://www.thenourishinggourmet.com


 

Gunakan sebagai toner

Jika kulit tidak mengalami iritasi, kamu bisa mengaplikaskan cuka apel ke wajah. Caranya aplikasikan cuka apel yang sudah diencerkan dengan air tadi menggunakan kapas bersih dan totol ke wajah secara perlahan. Diamkan selama 15 menit baru kemudian basuh dengan air. Nah, sebelum menjadikan cuka apel layaknya toner, pastikan bahwa wajah kamu sudah bersih ya ladies! 

source: https://www.pinterest.com


 

baca juga

Gunakan sebagai masker

Selain sebagai toner, cuka apel juga bisa dijadikan sebagai masker untuk mengatasi masalah jerawat. Kamu bisa mencampur cuka apel dengan air dan gel lidah buaya secukupnya dan aduk hingga merata.

Oleskan pada bagian wajah yang berjerawat dan beri pijatan lembut. Diamkan setidaknya selama 15 menit lalu bilas dan keringkan. Jika ini dilakukan dengan rutin, masalah jerawat bisa teratasi dengan baik. 
 

source: http://www.howtoxp.com

Nah, jika masalah jerawat tak kunjung teratasi dengan cuka apel atau bahkan menyebabkan jerawat justru muncul, disarankan untuk menghentikan pemakaian cuka apel sebagai perawatan kulit wajah ya ladies! Kamu bisa mencari bahan alami lainnya yang terbukti ampuh mengatasi masalah jerawat yang membandel. Selamat mencoba!