Sparkling water bak bintang baru di dunia kecantikan. Bahkan sparkling water menjadi andalan perawatan kecantikan di Jepang dan Korea, bahkan di Eropa. Hal ini karena sparkling water dipercaya dapat menutrisi dan merevitalisasi kulit dengan cara membersihkan pori dan mengangkat sel-sel kulit mati pada permukaan kulit. Berikut beberapa manfaat dari sparkling water yang perlu kamu tahu. 

 

1. Membersihkan Pori-Pori

Salah satu tips membuat wajah glowing ala wanita Jepang dan Korea ternyata dengan rajin membasuh atau mencuci muka menggunakan sparkling water. Mencuci muka dengan air berkarbonasi atau air soda ini dapat membuat wajah kamu tampak lebih bersih karena akan membantu membersihkan pori-pori sekaligus mengangkat sel kulit mati.

Hal ini karena sparkling water memiliki sifat asam sebagai micro-brushes yang bermanfaat untuk membersihkan pori-pori wajah. Setelah kotoran tertarik keluar melalui sparkling water secara optimal, selanjutnya sel kulit mati juga akan ikut terangkat. Selain wajah bersih, hal ini juga akan membuat pori-pori mengecil sehingga tekstur kulit wajah kamu tampak lebih halus. 

source: https://www.merdeka.com



2. Mengencangkan Kulit

Tips membuat wajah glowing adalah dengan membuatnya tampak kencang dan sehat. Selain mampu mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori, rajin mencuci muka dengan sparkling water juga dapat memberikan tambahan oksigen ke lapisan kulit terdalam sehingga kulit akan tampak lebih kencang dan kenyal.

Sparkling water juga bermanfaat memperkuat sel-sel di antara serat kolagen sehingga kulit kamu menjadi semakin kencang dan kenyal. Jika kulit sudah bersih, kencang dan kenyal, maka tidak mustahil juga kamu bisa mendapatkan tampilan wajah yang glowing bak artis Korea idola kamu.

<baca juga>



 

source: http://begitu.com



3. Mencerahkan Kulit Wajah

Tips membuat wajah glowing berikutnya yang tidak bisa kamu skip adalah membuat wajah tampak cerah bercahaya. Kulit wajah yang sehat dan cerah juga bisa memberikan kesan kulit wajah yang glowing. Nah, salah satu cara yang mudah adalah dengan mencuci muka menggunakan sparkling water yang dipercaya dapat meningkatkan tone kulit sehingga wajah akan terlihat lebih cerah dan bebas kusam.

Hal ini karena sebelumnya sparkling water bekerja membersihkan pori-pori dan melancarkan aliran darah. Hal ini menyebabkan kulit ternutrisi dengan baik karena sparkling water dapat menyebabkan vasodilatasi (pelebaran kapiler) yang akan meningkatkan pengiriman oksigen dan nutrisi ke kulit.



 

source: https://www.facetofeet.com



4. Mencegah Kulit Kering (Menghidrasi)

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa sparkling water juga dapat menyuplai atau  memberikan tambahan oksigen ke lapisan kulit sehingga dapat mencegah kulit kamu menjadi kering. Sparkling water juga dapat memberikan air yang dibutuhkan kulit sehingga mencegah terjadinya dehidrasi. Hal ini akan memberikan efek kulit kamu senantiasa lembap.

 

<baca juga>
source: https://www.facetofeet.com


 

How To Use

Mencuci wajah dengan sparkling water sebenarnya aman dilakukan kapan saja. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Campurkan sparkling water dan air putih biasa dengan perbandingan 1:1 agar tidak terasa pedih di kulit wajah kamu.
  • Kemudian rendam wajah dalam campuran tersebuat kurang lebih selama 10 - 15 detik dan jangan dibilas.
  • Lakukan hal ini 1 atau 2x dalam seminggu pada pagi atau malam hari setelah beraktivitas.
Alternatif lain, setelah mencampur sparkling water dengan air kamu bisa buat untuk membasuh wajah yang sebelumnya telah dibersihkan dari debu dan sisa makeup. Selain itu bisa juga kamu manfaatkan sebagai toner dengan cara masukkan kapas ke dalam campuran tersebut dan aplikasikan pada wajah untuk membersihkan dari kotoran.

 
source: https://tipsperawatancantik.com


 

Hal yang Harus Diperhatikan

Meskipun terbilang aman, memanfaatkan sparkling water untuk perawatan kecantikan juga harus memperhatikan hal-hal berikut ini:
  • Pilih sparkling water murni, yakni yang tidak berwarna alias bening,  tanpa rasa dan bau.
  • Hati-hati agar air tidak masuk ke dalam hidung.
  • Jika kulit kamu termasuk yang jenisnya sensitif, gunakan sparkling water satu minggu sekali untuk membasuh wajah.
  • Meskipun kulit kamu normal, sebaiknya cukup gunakan sparkling water tidak lebih dari 2x seminggu. 
  • Jika saat mencuci muka dengan sparkling water kulit kamu terasa panas, biarkan saja karena hal tersebut adalah reaksi bahan di dalamnya saat bekerja untuk membersihkan kulit.
source: http://www.newhealthadvisor.com

Sebenarnya belum ada penelitian khusus yang membuktikan jika mencuci wajah dengan sparkling water dapat membuat wajah lebih glowing.

Namun, di Korea sudah banyak dokter kecantikan dan spa yang menyarankan air ini sebagai bagian dari perawatan kulit wajah. Seorang aktris senior Korea yakni Kim Hee Sun juga telah mencoba menambahkan ritual ini dalam rutinitas skin care-nya. Tertarik untuk mencobanya, Beautynesian?