Tidak terasa kita sudah memasuki bulan kesepuluh di tahun 2017, yaitu bulan Oktober. Di bulan ini, ada perayaan khusus yang biasa dirayakan di negara berat lho, Ladies. Yup, kamu mungkin sudah tahu ya bahwa bulan Oktober identik hal-hal seram karena ada perayaan Halloween. Di Indonesia sendiri tidak ada perayaan khusus untuk merayakan Halloween, perayaan ini lebih familiar di berbagai negara barat sana. Eits, tapi bukan berarti kamu enggak boleh tahu menahu tentang Halloween lho. Justru bagi kamu yang penasaran, ini berbagai fakta seru dan menarik seputar perayaan Halloween. 


Awal Mula Perayaan Halloween

Halloween mulanya dirayakan oleh bangsa Celtic sebagai festival perayaan akhir masa panen atau akhir musim panas. Bangsa celtic merayakan tahun baru di tanggal 1 November.

Tanggal ini dianggap sebagai berakhirnya musim panen dan awal musim dingin, yang diasosiasikan dengan kematian. Ada kepercayaan bahwa pada malam sebelum tahun baru, batas antara bumi dengan “dunia lain” terbuka, sehingga hantu-hantu bisa kembali ke bumi. Hiiyy!!
 

source: https://www.pexels.com/


Kostum Untuk Menghalau Hantu

Halloween identik dengan berbagai kostum seram, mulai dari kostum penyihir hingga berbagai jenis hantu. Tradisi ini bukan tanpa sebab. Pasalnya, dulu bangsa Celtic meyakini bahwa mereka bisa “menyamar” dari roh-roh dan hantu dengan cara memakai pakaian yang seram agar tidak dikenali.
 

source: https://www.pexels.com/
baca juga


Berjoget untuk Mendapatkan “Treat”

Dalam berbagai film, kamu sudah bisa mendapatkan gambaran bagaimana Halloween dirayakan. Salah satu cara anak-anak merayakan Halloween di jaman modern ini yaitu dengan memakai kostum dan berkeliling ke rumah-rumah tetangga sambil mengatakan “trick or treat!”, dan kemudian si pemilik rumah akan membagikan snack, permen, ataupun coklat ke anak-anak yang berkunjung. Tapi ternyata dulunya di Eropa, para pengunjung yang memakai kostum harus berjoget dan memainkan lagu sebelum bisa mendapatkan “treat” mereka. Unik ya!
 

source: https://wonderopolis.org/


Perayaan yang Menyumbang Ekonomi

Kostum hingga permen-permen menjadikan masyarakat di Amerika memiliki pengeluaran yang tidak sedikit untuk perayaan Halloween. Bahkan, Halloween menjadi hari libur komersil terbesar kedua di negeri Paman Sam tersebut! National Retail Federation mencatat bahwa konsumen menghabiskan USD 5.8 triliun pada Halloween 2010, dan meningkat menjadi USD 7 triliun pada Halloween tahun 2015.
 

source: https://www.today.com/
baca juga



Fakta Unik Lainnya

  • The Village Parade merupakan parade terbesar di Amerika, dan diselanggarakan di New York City. Parade ini diikuti oleh sekitar 50.000 partisipan dan 2 juta penonton!
  • Ada legenda yang mengatakan bahwa jika kamu melihat laba-laba saat Halloween, itu pertanda bahwa kamu sedang diperhatikan oleh roh orang terkasih di dalam laba-laba tersebut.
  • Banyak tempat adopsi binatang tidak mengijinkan kucing hitam untuk diadposi pada hari menjelang Halloween karena dikhawatirkan akan dikurbankan atau disiksa.
  • Penjualan cokelat saat Halloween ternyata hampir 2 kali lebih banyak dibandingkan saat Valentine atau hari kasih sayang. Wow!
  • Terdapat istilah untu orang yang memiliki fobia terhadap Halloween, yaitu Samhainophobia.