Setelah kabar pertunganan yang sempat menghebohkan media dan juga para fans,  pasangan selebriit Korea Song Joong-ki (31) dan Song Hye-kyo (35) akan menikah bulan ini, tepatnya pada tanggal 31 Oktober 2017. Jika kamu perhatikan, pasangan selebriti tersebut ternyata punya persamaan yaitu nama keluarga atau marga “Song”.

Di beberapa budaya, seperti budaya batak di Indonesia misalnya, pernikahan pasangan dengan nama keluarga atau marga yang sama tidak diperbolehkan. Bagaimana dengan budaya Korea ya? Apakah pernikahan pasangan Song Joong-ki dan Song Hye-kyo bisa legal dan sah dengan marga yang sama?


Larangan Pernikahan Jaman Dulu


Pada jaman dulu, pemerintah Korea memberlakukan aturan dimana pasangan dengan marga yang dilarang untuk menikah. Aturan ini pun diatur pada pasal 809 undang-undang Korea. Aturan ini merupakan mekanisme untuk mempertahankan identitas keluarga dan menjaga integritas keluarga. Tapi aturan ini hanya berlaku untuk marga dari asal yang sama.

Misalnya, mayoritas marga Kim berasal dari kota Gimhae (dengan populasi 4 juta) dan kota Gyeongju (dengan populasi 1.5 juta). Wanita bermarga Kim dari kota Gimhae boleh menikahi pria bermarga Kim dari kota Gyeongju, tetapi tidak boleh menikahi pria bermarga Kim dari kota Gimhae.

source: https://www.soompi.com

Akibat pertumbuhan dan mobilitas penduduk yang semakin tinggi, serta urbanisasi di Korea Selatan, peluang untuk mendapatkan pasangan dari marga yang sama pun kian meningkat, terutama bagi masyarakat dari 3 marga terbesar di Korea, yaitu Kim, Park, dan Lee. Lalu, bagaimana jadinya pernikahan Song Joong ki dan Song Hye kyo?


Sudah Diperbolehkan


Tidak perlu khawatir, Ladies. Aturan pernikahan dengan marga yang sama tersebut ternyata sudah dicabut pada tahun 2005. Sebelumnya pada tahun 1997, pengadilan memutuskan hukum inkonstitusional setelah aturan tersebut sempat dicabut sementara sebanyak 3x dalam kurun waktu 40 tahun.
 

source: https://www.soompi.com/
<baca juga>

Dengan demikian, Song Joong Ki dan Song Hye Kyo bisa menikah secara sah dan legal walaupun memiliki marga yang sama. Selamat kepada song-song couple!