Rajin Memeriksa Payudara

Untuk mencegah kanker payudara, kamu dapat memeriksa payudara sendiri di rumah. Kamu dapat melakukan setiap bulan pada hari ketujuh setelah datang bulan. Kamu dapat mengangkat tangan kanan dan sentuhlah area disekitar payudara. Apakah terdapat benjolan atau terasa nyeri di sekitarnya. Lakukan juga dengan tangan kirimu. Atau kamu dapat berbaring dan melakukan hal yang sama dengan tadi. Jika ada yang aneh, segera konsultasikan dengan dokter agar kamu dapat ditangani dengan segera.

source: http://indowarta.com


 

baca juga

Mengatur Berat Badan

Untuk mencegah kanker payudara, kamu dapat mengatur berat badan agar lebih seimbang. Wanita yang memiliki berat badan lebih dari 80 kg, beresiko 25 % lebih tinggi terkena kanker payudara. Walaupun semua obesitas tidak selalu cenderung kanker payudara. Oleh sebab itu jagalah berat badan agar kamu lebih sehat.

source: https://www.dokter.id


 

Olahraga

Salah satu penyebab jarang berolahraga adalah karena malas. Dengan tingkat kesibukan yang tinggi, sebagian orang lebih memilih tidur dibandingkan olahraga di pagi hari. Padahal olahraga dapat memberi dampak kesehatan yang luar biasa, termasuk mencegah kanker payudara. Dengan berolahraga, kamu akan mengeluarkan toxin atau racun dari dalam tubuh yang cukup signifikan, sehingga terhindar dari kanker payudara.

source: http://www.befitandfine.com


 

baca juga

Menyusui Jika Memungkinkan

Menyusui ternyata tidak hanya bermanfaat bagi bayi lho. Bagi sang ibu yang menyusui, kanker payudara dapat dicegah dibanding dengan wanita yang tidak meyusui. Dengan menyusui, hormon ekstrogen akan lebih stabil. Oleh sebab itu, jika memungkinkan kamu menyusui bayimu ya, ladies.

source: http://www.klikdokter.com


 

Makanlah Makanan yang Bergizi

Sayuran yang berwarna hijau sangat penting untuk kamu konsumsi, karena sayuran ini mengandung antioksidan, yang dapat menghentikan penyebaran kanker. Sayuran seperti brokoli, sawi hijau atau beberapa yang lain dapat kamu olah menjadi makanan yang lezat. Tak lupa juga konsumsi buah-buahan segar ya, bukan buah olahan.

Selain sayur dan buah, ikan juga baik untuk mencegah kanker payudara. Ikan tertentu memiliki kandungan asam lemak Omega-3 yang menyehatkan. Ikan salmon, tuna dan ikan cod dapat membantumu mengatasi kanker payudara.

source: https://www.vemale.com


 

Hindari Rokok dan Minuman Keras

Selain berbahaya bagi kesehatan, merokok tentu juga memicu kanker lho. Rokok mengandung zat kimia yang berbahaya. Selain rokok, minuman keras seperti alkohol juga dapat meningkatkan resiko kanker payudara. Alkohol dapat meningkatkan kadar hormon estrogen, dimana hormon ini dapat mempercepat pertumbuhan sel kanker payudara. Hindari merokok dan minuman keras ya.

source: https://www.groupon.com


Nah kebiasaan sederhana tadi dapat kamu lakukan untuk mencegah kanker payudara. Dapatkan payudara yang sehat dengan kebisaan sepele.