Tanda Kehamilan

Setiap wanita yang telah menikah tentu menginginkan anak. Nyeri perut bagian kiri dapat menjadi tanda awal kehamilan. Walaupun umumnya tidak membahayakan, namun terasa mengganggu. Biasanya ditandai dengan sedikit nyeri seperti menjelang haid. Penyebabnya adalah meningkatnya hormon progesteron dan relaksin yang membuat tulang disekeliling rahim merenggang. Berbeda dengan penyakit lain, nyeri ini terus berlanjut hingga usia 10-12 minggu.

Jika nyeri ini berlangsung lama, ini menjadi pertanda kehamilan ektopik atau kehamilan di luar rahim. Kehamilan ini disebabkan oleh sel telur yang sudah dibuahi menempel di luar rahim, yaitu di dalam saluran telur atau tuba falopi.

source: https://www.idiva.com


 

Haid

Sebagian wanita mengalami nyeri di perut ketika akan memasuki masa haid. Kram perut ini biasanya terjadi 24 - 48 jam sebelum haid. Walaupun bisa di beberapa tempat yang berbeda, namun terkadang terasa di perut sebelah kiri. Pada umumnya kram dan segala penyakit yang mengikutinya akan segera berakhir seiring dengan selesainya siklus haid.
source: http://www.bintang.com


 

baca juga

Infeksi Saluran Kemih

Selain kehamilan, waspadailah sakit perut di sebelah kiri sebagai infeksi saluran kemih. Tekanan pada kandung kemih dapat membuat urine berada lebih lama di sana. Hal ini akan menyebabkan timbulnya infeksi saluran kemih. Keluhan yang timbul bisa berupa anyang-anyangan, berkemih tidak tuntas sampai terkadang timbul kontraksi.

source: http://www.infeksirahim.azkacollection.net


 

Radang Usus Buntu

Radang usus buntu menyebabkan rasa sakit yang mendadak, mulai dari sekitar pusar dan bergerak hingga ke perut selah kiri. Usus buntu yang dibiarkan terlalu lama akan menyebabkan nyeri yang luar biasa dan semakin parah.

source: https://www.satujam.com


 

baca juga

Batu GInjal

Sakir perut sebelah kiri pada wanita juga menjadi tanda awal infeksi pada ginjal. Peradangan yang dumulai dari kandung kemih dan kemudian menjalar hingga ke bagian ginjal. Nyeri ini dapat dirasakan pada saat buag air kecil secara terus menerus dan terasa panas saat buang air kecil.

source: http://www.alodokter.com


 

Hernia

Hernia disebabkan akibat usus yang mencuat dan menembus bagian bawah dinding perut. Gejala ini akan menghasilkan sakit perut sebelah kiri pada wanita. Ditandai sakit saat sedang batuk, sakit saat membungkuk dan goncangan perut lainnya.

source: http://www.viva.co.id


Nah sekarang kamu dapat membedakan berbagai penyakit dengan gejala awal sakit perut bagian kiri pada wanita. Jika kamu belum yakin segeralah konsultasikan pada dokter atau para medis ya, agar bisa ditangani dengan tepat.