Milia Pada Kulit

Sebelum memberantasnya, penting banget untuk kamu memahami seluk beluk pertumbuhan milia pada kulit wajah. Pada dasarnya, milia biasa disebut sebagai jerawat bayi. Hal ini disebabkan milia memang muncul pada kulit bayi. Jika hal itu terjadi pada anakmu, kamu tidak perlu khawatir karena akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika itu terjadi padamu, kamu perlu segera bertindak agar milia kamu tidak semakin banyak dan mengganggu penampilan kamu.

source: http://www.hipwee.com/

Penyebab Timbulnya Milia

Milia, pada orang dewasa, muncul disebabkan karena adanya penyumbatan sel-sel kulit mati yang terjebak dibawah kulit dan tidak bisa keluar. Hal ini bisa terjadi karena luka bakar ataupun ruam. 

source: http://cantiksehattips.com/
<baca juga>

Cara Mencegah Timbulnya Milia
 

source: https://journal.sociolla.com/

 

  1. Milia dapat dicegah dengan rajin mencuci wajah dengan baik dan benar. Salah satu tahapan mencuci wajah yang tidak boleh kamu lewatkan untuk mencegah milia adalah dengan melakukan penguapan. Hal ini penting untuk membantu melakukan regenerasi kulit mati dan mengeluarkannya lewat pori-pori yang terbuka.
  2. Lindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Terik matahari dapat membakar sel-sel kulit wajah. Hal inilah yang nantinya menimbulkan milia pada kulit wajah kamu.

Rekomendasi Cream Penghilang Milia

Apabila milia sudah cukup mengganggu dan semakin parah, kamu dapat menggunakan beberapa cream yang terkenal ampuh mengatasi milia, diantaranya :

  • Retinol
Sebenarnya, retinol adalah cream wajah yang berguna untuk menghilangkan jerawat dan mengatasi penuaan dengan metode pengelupasan. Namun, metode itu ternyata juga ampuh untuk digunakan dalam perawatan penghilang milia. Kamu hanya perlu mengoleskan sedikit retinol pada area wajah dengan milia, setelah mencuci muka.
  • Vitacid
Retinoic acid yang merupakan turunan dari vitamin A ini juga cukup terkenal ampuh mampu menghilangkan bruntusan dan milia. Sama seperti retinol, kamu hanya cukup mengoleskan pada bagian kulit bermilia.
  • Isotretinoin / Tretinoin
Selain itu kamu juga dapat mencoba cream isotretinoin atau tretinoin untuk menghilangkan milia pada wajah. Namun, untuk cream penghilang milia yang satu ini harus dalam anjuran dan pengawasan dokter kulit.
source: http://kaltim.tribunnews.com/

Nah, itulah beberapa tips mencegah dan menghilangkan milia pada kulit. Semoga bermanfaat, ya!