Malu Punya Uban di Usia Muda

Uban atau rambut putih selalu identik dengan usia yang sudah tua. Memang benar, sebagian besar lansia mempunyai rambut putih. Namun tak jarang anak muda juga beruban lho, termasuk wanita.

Seringkali wanita merasa risih dengan uban yang menempel di kepalanya. Rambut adalah mahkota wanita yang menjadi kebanggan setiap wanita. Bagaimana rasanya ada warna rambut yang tidak diinginkan?

source: https://aura.tabloidbintang.com


 

Penyebab Uban di Usia Muda

Uban yang timbul pada saat usia muda tentu dipicu oleh beberapa faktor. Penyebab uban antara lain:

  • Kurangnya vitamin B5 yang terdapat pada wortel, kubis, alpukat, pisang, brokoli, asparagus, labu, jagung dan kacang-kacangan
  • Merokok
  • Faktor genetik
  • Penyakit tiroid
  • Kekurangan asam folat
Penyebab uban selain faktor genetik diatas dapat diatasi lho, ladies.
source: http://www.freepik.com


 

baca juga

Munculnya Uban Dipengaruhi Hormon?

Walaupun uban kebanyakan muncul pada usia lanjut, namun generasi muda jaman sekarang banyak yang sudah beruban ya, ladies. Uban muncul karena pengaruh dari genetik dan bukan akibat hormon. Jika di usia muda sudah banyak uban, ini disebabkan karena faktor keturunan.

source: https://kawaiibeautyjapan.com


 

Mitos Mencabut Uban

Uban yang timbul pada usia muda tentu membawa pengaruh tersendiri. Segala cara dilakukan, termasuk mencabut uban, agar penampilan lebih percaya diri tanpa rambut putih. Mencabut uban dianggap sebagai salah satu solusi terbaik agar penampilan lebih nyaman dan percaya diri. Ada beragam mitos tentang mencabut uban, antara lain:

  • Uban yang dicabut akan mempercepat uban lain tumbuh
  • Satu uban yang dicabut akan tumbuh dua kali jumlahnya
  • Mencabut uban akan membuat rambut hitam disekitarnya menjadi putih
Nah bagaimana dengan kamu, apakah kamu percaya akan mitos ini, ladies.
source: https://www.kkcantik.my.id


 

baca juga

Fakta Mengenai Mencabut Uban

Semua kepercayaan diatas merupakan mitos yang akhirnya diyakini kebenarannya oleh banyak orang. Bagaimana dengan fakta yang sebenarnya?

  • Mencabut uban dapat merusak folikel rambut yang berpotensi rambut menjadi rontok, bukan menumbuhkan rambut uban yang lain
  • Pada usia muda, uban memang dapat dipicu oleh beberapa faktor diantaranya karena pola hidup dan pola makan yang salah. Kedua pemicu inilah yang akan menyebabkan rambut kehilangan pigmennya. Pigmen yang hilang, akan membuat rambut warna hitam menjadi putih
  • Mencabut uban secara paksa akan membuat saraf-saraf rambut menjadi rusak dan justru memicu infeksi pada sekitar lubang rambut.
Apapun yang dilakukan seseorang pada sehelai rambutnya tidak akan berpengaruh terhadap rambut disekitarnya
source: http://www.suara.com


Masih percaya mitos mencabut uban?