Menjadi ibu merupakan tanggung jawab yang besar. Seorang ibu harus mampu merawat sang anak sejak ia masih berada dalam kandungan. Pada hari Minggu 1 Oktober lalu, pada acara Mother&Baby Fair terdapat talkshow ‘Amazing Healthy Baby - The Importance of the First 1.000 Days of Life for Baby's Health’ bersama Dr. Attila Dewanti Sp. A(K) selaku dokter spesialis anak dan Ayu Dewi sebagai selebriti yang baru saja melahirkan anak keduanya. Menurut sang dokter, masa-masa 1.000 hari pertama merupakan waktu paling penting bagi si buah hati. Ibu harus mampu memberikan berbagai hal terbaik kepada sang anak supaya pertumbuhan otak anak bisa sempurna. Ketika masa inilah anak mulai mendengar, berbicara, belajar bahasa, dan kecerdasan lainnya yang lebih kompleks.
 


Asupan Paling Penting Bagi Anak
Salah satu hal paling penting adalah memberikan makanan yang baik. Ketika 6 bulan pertama, asupan utama sang buah hati adalah ASI. Selanjutnya, anak bisa diberikan buah, biskuit, dan makanan bayi lainnya yang mengandung protein, zat besi chiline, dan zinc. Selain itu, berikut ini ada 3 hal penting lainnya bagi sang buah hati.
 
Stimulasi Bagi Sang Buah Hati
Hal pertama yang harus diberikan adalah stimulasi. Stimulasi paling dini dimulai dari ketika bayi masih dalam kandungan. Orang tua harus aktif menyetel lagu dan mengelus-elus bayi. Selanjutnya ketika sudah lahir, orangtua bisa mengajak sang anak ngobrol atau menyanyi sambil menggantikan popok atau mandi.
 
Popok Terbaik Untuk Anak
Hal kedua yang tak kalah pentingnya adalah memperhatikan kesehatan kulit bayi dan mencegah adanya ruam popopk. Ruam popok merupakan luka di kulit sekitar kelamin karena perubahan pH yang disebabkan oleh bakteri dari popok. Maka dari itulah, orangtua harus sering mengganti popok bayi dan memilih popok yang memiliki daya serap cepat.
 
Imunisasi Bagi Kekebalan Tubuh
Hal ketiga yang penting adalah imunisasi dalam rangka menjaga kekebalan tubuh anak. Masa kecil anak merupakan masa krusial untuk memberikan berbagai vaksin supaya ketika tumbuh dewasa, sang anak memiliki imun yang kuat dari berbagai virus.
 
Tips dari Ayu Dewi Untuk Sang Buah Hati
Ayu Dewi juga mengaku bahwa dirinya sangat memperhatikan ketiga hal tersebut. Apalagi untuk masalah popok. Dirinya tak pernah lupa untuk memastikan bahwa kulit sang anak tidak terluka karena bakteri dari popok. Meskipun anaknya sering menangis setiap malam, dirinya tetap dengan sabar merawat dan memberikan yang terbaik untuk anaknya. Popok yang ia gunakan, Sweety Silver Pants, diakui lembut pas di badan, nyaman, teruji klinis, dan memiliki daya serap yang banyak. Karena itulah, ia mau menggunakan popok tersebut untuk anaknya.
 


Dari tips-tips ini terlihat bahwa stimulasi, pemilihan popok, dan imunisasi merupakan hal yang penting bagi anak selama 1000 hari pertamanya. Jika hal ini dijalankan dengan baik, maka kelak sang buah hati akan tumbuh dan berkembang menjadi orang yang sehat.
 

<baca juga>