Minuman khas Thailand satu ini sedang populer dan digemari, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Campuran minuman teh, susu, dan gula ini memang enak dan menyegarkan. Rasa manisnya pun cocok dijadikan dessert atau penutup setelah berat. Maka itu, tidak heran jika thai tea pun juga populer di berbagai negara selain negara asalnya. Kamu juga penyuka minuman asal Thailand ini? Maka kamu perlu tahu berbagai fakta unik dibalik segarnya thai tea berikut!


Bukan Sembarang Teh


Simpel, banyak dari kamu pasti sudah tahu cara pembuatan thai tea yaitu dengan mencampurkan teh, susu kental manis, serta gula. Tapi jangan salah nih, teh yang digunakan bukan teh biasa yang bisa kamu beli di minimarket dekat rumah.

Teh yang digunakan untuk membuat thai tea yaitu daun teh hitam yang di-brew kemudian dicampur dengan anise, cinnamon (kayu manis), dan vanilla.. Untuk menambah rasa manis, ditambah gula dan susu kental manis yang ditambahkan diatas minuman ini untuk menambah rasa dan membuat thai tea terlihat lebih creamy.
 

source: http://wishfulchef.com/


Kandungan Kalori


Kandungan kalori dalam thai tea bisa berbeda, tergantung cara penyajiannya. Tapi thai tea polos dengan gula dan susu kental manis bisa mengandung sekitar 182 kalori per sajian. Sedangkan thai tea yang dihidangkan dengan gula, krim, serta susu kental manis bisa mengandung hingga 301 kalori per sajian.
 

source: http://wishfulchef.com/
baca juga


Penyajian


Thai tea biasa disajikan dengan es atau tanpa es (hangat). Variasi asli cold thai tea ada 2, yaitu dark thai tea dan lime thai tea. Dark thai tea merupakan thai tea yang tidak dicampur susu, dan hanya ditambah gula sebagai pemanis. Lime thai tea memiliki penyajian yang mirip dengan dark thai tea, hanya saja ditambahkan jeruk nipis dan gula, atau bisa juga ditambah mint. Selain thai tea dingin, ada juga thai tea yang disajikan dengan hangat. Tapi kini resepnya sendiri sudah banyak dikembangkan dan dicampur dengan berbagai rasa serta topping.

source: https://thailandculturetravel.com/


Tidak Disajikan di Rumah


Di Thailand sendiri, thai tea bukanlah jenis minuman yang dibuat dan disajikan sendiri dirumah. Kamu juga bisa menemui banyak kedai dan penjual thai tea saat berjalan-jalan. Minuman ini juga dikemas dalam kemasan biasa, yaitu gelas plastik yang ditambahkan sedotan. 
 

source: https://www.youtube.com/