Selain jerawat, noda bekas jerawat pun bisa mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Sayangnya, noda bekas jerawat pun cukup umum terbentuk setelah kamu menghadapi jerawat. Kabar gembiranya, noda hitam bekas jerawat ternyata bisa pudar dengan sendirinya, tapi memakan waktu yang cukup lama hingga berbulan-bulan lamanya.

Selain hanya dengan menunggu, kamu juga bisa melakukan beberapa cara demi mempercepat hilangnya noda hitam. Berbagai cara sudah dilakukan, tetapi noda bekas jerawat tidak kunjung hilang? Mungkin caramu masih ada yang salah atau kurang nih, Ladies! Coba lakukan cara menghilangkan bekas jerawat yang sederhana menurut para ahli dermatologi ini.


Memakai SPF

Dermatologis asal Texas, dr. Ted Lain, menjelaskan bahwa paparan sinar matahari bisa memperparah bekas jerawat yang ada di kulit. Untuk itu, kamu perlu memakai sunscreen dengan kandungan SPF secara terpisah, bukan hanya mengandalkan kandungan SPF yang ada di foundation atau moisturizer milikmu.
 

source: http://www.freepik.com/


AHA/BHA

Rutin melakukan eksfoliasi pada kulit dengan menggunakan krim atau larutan dengan kandungan AHA (alpha hydroxy axid) dan BHA (beta hydroxy acid) bisa membantu memudarkan noda hitam bekas jerawat pada kulit. Eksfoliasi sendiri merupakan tindakan mengangkat sel kulit mati, dibantu dengan komponen kimia seperti AHA ataupun BHA.

Eksfoliasi rutin bisa membersihkan wajahmu dari penumpukan sel kulit mati dan mendorong produksi sel kulit yang baru. Penggunaan AHA/BHA ini bisa kamu masukkan dalam skincare routine-mu setiap harinya.
 

source: https://www.rd.com/
<baca juga>


Gunakan Scrub

Kamu juga bisa melakukan pengangkatan sel kulit mati dengan cara manual atau fisik, yaitu dengan memakai scrub. Pilih face scrub dengan butiran scrub yang halus ya, Ladies. Lalu hati-hati juga, jangan sampai kamu menggosok terlalu kencang dan membuat kulitmu iritasi hingga berwarna kemerahan. Lakukan scrubbing secara lembut dan perlahan saja.
 

source: https://makeupandbeauty.com/


Menggunakan Krim Khusus Bekas Jerawat

Kamu bisa berkonsultasi ke dokter kulit untuk mendapatkan obat atau krim yang diracik khusus memudarkan noda bekas jerawatmu. Selain itu, kamu juga bisa mencoba memakai krim yang dijual di toko obat. Beberapa komponen yang bisa membantu memudarkan noda bekas jerawat yaitu hydroquinone, kojic acid, licorice, retinol, hingga vitamin C. Jangan lupa untuk membaca instruksi pemakaian dengan benar ya, Ladies!
 

source: http://heavy.com/
<baca juga>

Jika sudah mecoba beberapa cara menghilangkan bekas jerawat diatas, yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah sabar. Tidak ada hasil yang instan dalam perawatan kulit, karena itu jangan menyerah ya, Beautynesian!