Cara Membersihkan Kuku Kaki

Dari semua anggota tubuh, biasanya kuku kaki sering terabaikan untuk dibersihkan saat mandi. Padahal kaki yang seharian terkena debu jalanan atau lembap karena memakai kaos kaki dan sepatu terlalu lama dapat menjadi tempat berkembang biak kuman dan bakteri. Berikut ini adalah tahapan membersihkan kuku kaki yang harus kamu perhatikan.


 

<baca juga>

Rendam Kuku dengan Air Hangat Dan Garam

Sebelum kaki mencuci kuku kaki, sebaiknya kamu sempatkan untuk merilekskan kuku kakimu dengan menggunakan air garam hangat. Cara ini mampu membunuh kuman dan bakteri di sela-sela kuku serta membuat kuku lebih lunak untuk dipotong.

source: https://www.healthdigezt.com

Untuk merendam kaki, kamu hanya perlu waktu 10-15 menit saja. Jangan terlalu lama karena dapat membuat kulit kaki menjadi kering.

 

Gunting Kuku Dengan Potongan Lurus

Hindari memotong kuku kaki dengan bentuk melengkung karena dapat membuat kotoran sulit untuk dibersihkan. Selain itu, kuku kaki yang melengkung dapat berisiko menyakiti daging jari-jari kaki saat tumbuh. Karena itu, menggunting kuku dengan bentuk lurus adalah solusi terbaik.

source: http://style.tribunnews.com/


 

<baca juga>

Bersihkan Kuku dengan Benang Gigi

Membersihkan kuku dengan pengorek yang tajam ataupun tumpul akan berisiko melukai kuku dan jari kaki. Karena itu, benang gigi dapat menjadi solusi tepat mengangkat semua kotoran pada sela-sela kuku.

source: http://doktersehat.com


 

Sikat Kaki dengan Lembut

Terakhir, sikatlah kuku kaki dengan sikat yang lembut. Jika kamu kesulitan mendapatkan sikat kaki, kamu dapat menggunakan sikat gigi bekas atau baru yang khusus digunakan untuk membersihkan kuku kaki. 

source: https://id.aliexpress.com/


 

Tips Merawat Kuku Kaki

Nah, jika kamu sudah tahu cara membersihkannya, pastikan kamu dapat merawat kebersihan kuku kaki dengan lebih baik. Perhatikan hal-hal berikut ini untuk kuku kaki yang bersih terawat.

  1. Gunakan kaos kaki yang menyerap keringat. Hal ini penting untuk menghindari kaki yang berkeringat, lembap, dan bau.
  2. Jangan terlalu sering menggunakan sepatu tertutup. Sempatkan membuka sepatu di saat memungkinkan. Biarkan sirkulasi udara mengalir dan menyegarkan kaki.
  3. Keringkan kaki sebelum memakai kaos kaki atau sepatu. Jangan biarkan kaki tertutupi di saat lembap.
  4. Sempatkan untuk menyikat kuku kaki saat mandi. Kamu dapat menyikat kuku kaki sambil membersihkan area kaki.
  5. Lakukan perawatan rutin minimal seminggu sekali. Misalnya dengan menggosok kulit jeruk nipis pada kuku kaki untuk membuatnya bersih bebas bakteri.
source: http://begitu.com/

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat melakukan perawatan kuku untuk mendapatkan kuku yang lebih bersih dan indah. Semoga bermanfaat, ya!