Nasi Uduk

Menu sarapan favorit nomor satu jatuh pada nasi uduk. Makanan yang satu ini dapat dipastikan mudah ditemui pada pagi hari, sekitar pukul 5 hingga 10 pagi. Kamu juga tidak akan sulit mencari pedagang penjual nasi uduk, karena hampir di semua wilayah sekitar Jabodetabek memiliki pedagang nasi uduk. 

source: https://www.pinterest.com

Biasanya nasi uduk disajikan dengan beberapa lauk pendamping. Tiap penjual menjajakan menu lauk yang berbeda. Misalnya tempe orek, telur dadar, telur balado, tumis kacang panjang, dan bihun. Kamu juga dapat memesan gorengan yang baru diangkat dari penggorengan untuk membuat pagi kamu lebih hangat.

 

baca juga

Nasi Pecel

Nasi pecel juga relatif mudah untuk ditemui di berbagai sudut wilayah Ibukota dan sekitarnya pada pagi hari. Jika kamu menginginkan sarapan yang lebih berserat, nasi pecel dengan sayuran lengkap akan menjadi pilihan tepat dan nikmat. 

source: https://www.pinterest.com

Kamu juga dapat menambah lauk gorengan untuk membuat menu sarapan kamu lebih menggiurkan. Yum!

 

Bubur Ayam

Selain itu, bubur ayam juga menjadi salah satu menu favorit sarapan orang Indonesia. Ada banyak sekali ragam bubur ayam yang dapat kamu temui. Misalnya bubur ayam kering, bubur ayam kuah kuning, dan bahkan bubur ayam kuah kare. Tiap pedagang menawarkan menu bubur dengan kreasi yang unik dan pastinya lezat!

source: https://www.pinterest.com
Biasanya bubur ayam akan disajikan dengan berbagai topping pendamping seperti suiran ayam, kacang tanah goreng, cakwe, bawang goreng, daun bawang, dan berabagai pilihan sate, saperti sate telur puyuh, sate usus, atau sate ati ampela.

 
baca juga

Lontong Sayur

Kemudian, menu hangat berkuah lain yang dapat kamu pilih adalah lontong sayur. Menu sarapan yang satu ini juga dijual dengan beragam macam variasi kuah. Yang jelas, enak banget kalau dimakan saat masih hangat.

source: https://www.pinterest.com

Menu tambahan untuk lontong sayur biasanya adalah semur telur dan tahu atau telur balado. Tapi, yang paling penting adalah kamu tidak akan bisa menolak cita rasa kerupuk dan kuah lontong yang super enak!

 

Ketoprak

Terakhir, menu sarapan Indonesia yang banyak diburu pada pagi hari adalah ketoprak. Lontong nasi yang dimakan dengan bumbu kacang yang diberi bihun, tauge, dan tahu ini dapat menjadi pilihan tepat untuk sumber energi pagi kamu. Ditambah lagi dengan kerupuk yang terkena bumbu kacang, yum! Siapapun pasti tidak bisa menolak.

source: https://www.pinterest.com

Nah, itulah lima menu sarapan khas Indonesia yang pasti familiar di lidah kamu. Jadi, besok mau sarapan apa, ya?