Ada banyak tips nyaman berhijab yang dapat kamu lakukan, salah satunya adalah memastikan bahwa hijab kamu tidak menimbulkan jerawat atau iritasi kulit. Biasanya jerawat yang timbul pada bagian ujung wajah yang bersentuhan dengan hijab disebabkan karena bahan hijab yang tidak sesuai, inner yang kurang bersih, atau alergi dengan deterjen. Karena itu, lakukan hal-hal berikut ini agar kamu terhindar dari jerawat saat berhijab.

source: https://www.pinterest.com


 

Periksa Hijabmu!

  • Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa hijabmu. Kenali bahan apa yang biasa kamu gunakan, ada kemungkinan kamu memiliki alergi dengan satu bahan. Untuk memastikannya kamu dapat berkonsultasi dengan dokter.
  • Selain itu, kamu juga harus memastikan bahan hijab yang kamu gunakan dapat menyerap keringat dengan baik. Keringat yang tidak terserap dapat membuat bakteri lebih lama menempel pada kulit sehingga memungkinkan timbulnya jerawat atau bahkan iritasi.
source: https://www.pinterest.com


 

baca juga

Ganti Inner Hijab Setiap Hari

Kebiasaan tidak mengganti inner hijab adalah kebiasaan yang sangat buruk. Keringat yang terserap akan membuat inner kamu menjadi penuh dengan kuman dan bakteri. Jadi, jangan heran jika jerawat banyak tumbuh di ujung garis rambut.

source: https://www.pinterest.com

Apalagi jika kamu mengenakan inner hijab saat berolahraga dan berkeringat. Pastikan kamu segera menggantinya saat selesai beraktivitas. Jangan biarkan kuman dan bakteri mengendap pada kulitmu.

 

Jaga Kebersihan Wajah

Lalu, kamu juga harus memastikan selalu membersihkan wajah setiap hari setelah beraktivitas seharian. Kegiatan yang banyak dan menumpuk akan membuat wajah kamu penuh dengan keringat dan debu. Jangan biarkan kotoran itu menumpuk pada wajah, khususnya pada bagian yang tertutup hijab.

source: https://www.pinterest.com

Kurangi juga menggunakan make up berat setiap hari. Make up yang tercampur debu dan keringat adalah mimpi buruk bagi kulit wajah.

 

baca juga

Hindari Penggunaan Deterjen dan Pewangi

Penggunaan deterjen dan pewangi juga dapat menimbulkan jerawat pada wajah. Tidak ada salahnya untuk mengganti deterjen dengan sampo berbahan ringan agar tidak membuat kulit alergi dan iritasi.

source: https://www.dream.co.id/

Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk menghindari jerawat saat berhijab. Semoga tips nyaman berhijab yang satu ini bermanfaat, ya!