Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium 1

  • Muncul Benjolan Payudara
    Ciri pertama kanker payudara adalah munculnya benjolan pada area payudara. Meskipun tidak semua benjolan merupakan kanker, tidak ada salahnya untuk segera melakukan konsultasi pada dokter untuk segera mengetahui benjolan apa yang ada di payudara kamu.
  • Warna Kulit Payudara Berubah
    Jika warna kulitmu berubah menjadi kemerahan, kamu patut sedikit waspada. Sekilas memang akan terlihat seperti iritasi kulit biasa, tetapi jika kamu sudah merada terjadi perubahan tekstur dan pori-pori yang perlahan melebar hingga menyerupai kulit jeruk, segeralah kunjungi dokter terdekat.
  • Puting Terasa Sakit Dan Berubah Bentuk
    Selanjutnya, kanker payudara juga ditandai dengan perubahan pada area puting. Biasanya puting akan terasa sakit dan diikuti dengan keluarnya cairan yang bukan ASI. Lambat laun bentuknya juga akan berubah.
  • Muncul Benjolan Pada Area Ketiak
    Selain benjolan pada payudara, bejolan pada ketiak juga merupakan tanda kanker payudara yang sudah mulai menyebar ke jaringan ketiak. Kanker ini dapat menyebar ke jaringan lain melalui kelenjar getah bening yang berada di bawah ketiak.
source: http://caribwall.com/detecting-breast-cancer/


 

baca juga

SADARI

Periksa Payudara Sendiri

Mengantisipasi keberadaan kanker payudara sejak dini sangatlah penting. Dengan begitu, penanganan akan dapat lebih cepat dilakukan sehingga kemungkinan untuk sembuh akan semakin besar. Salah satu cara untuk melakukan pemeriksaan dini kanker payudara adalah dengan SADARI (periksa payudara sendiri). Berikut ini adalah tutorial untuk memeriksa payudara secara manual. Semoga bermanfaat, ya!

youtube:pDLY-WRTwfk
source: https://www.youtube.com/watch?v=pDLY-WRTwfk
PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI)