Menstruasi

Kanker payudara memang ditandai dengan munculnya rasa nyeri pada payudara. Namun, bukan berarti semua rasa nyeri yang kamu rasakan pada area dada itu disebabkan oleh kanker, salah satunya adalah karena menstruasi. Siklus bulanan yang satu ini melibatkan banyak perubahan hormon dalam tubuh. Hal itulah yang memicu mengencangnya beberapa bagian tubuh seperti bokong dan payudara. Bahkan pada beberapa wanita payudara akan terasa nyeri.

source: https://www.vemale.com


 

Mastitis

Kemudian, rasa nyeri pada payudara juga mungkin saja disebabkan karena menyusui. Biasanya, rasa nyeri timbul karena beberapa hal, diantaranya peradangan atau payudara yang mengencang akibat air susu belum dikeluarkan.

source: https://www.merdeka.com/


 

baca juga

Menggunakan Bra yang Tidak Sesuai

Bra juga mempengaruhi kondisi payudara, lho! Bra yang terlalu kecil atau memiliki kawat yang terlalu kencang dapat mengganggu preredaran darah sehingga payudara menjadi nyeri dan sakit.

source: http://www.heardcountyrecreationdepartment.com/


 

Olahraga Berlebihan

Jika kamu sedang berada dalam latihan rutin seperti sit up, push up, atau olahraga lain, kamu akan mendapati payudaramu sering nyeri dan sakit. Hal ini disebabkan karena otot sekitar dada sedang mengencang. 

source: http://www.weightlossresources.co.uk/


 

baca juga

Konsumsi Obat

Terakhir, efek samping beberapa obat dapat menyebabkan rasa nyeri pada bagian tubuh tertentu, termasuk payudara. Coba tanyakan pada dokter atau apoteker mengenai efek samping obat sebelum kamu meminumnya agar kamu tidak bingung dengan perubahan atau rasa tidak nyaman pada tubuhmu.

source: https://www.medicalnewstoday.com/

Pastikan dulu hal-hal di atas jika kamu merasakan nyeri pada payudara. Jika nyeri berlanjut lakukan pemeriksaan benjolan pada sisi payudara dekat ketiak. Kemudian, konsultasikan pada dokter untuk memastikan tidak ada pertumbuhan sel kanker payudara.