Rasa Nyeri dan Keluar Cairan Bukan ASI

Waspada jika kamu sering merasakan nyeri yang tak tertahankan pada payudara. Rasa nyeri dapat timbul akibat pertumbuhan sel kanker yang mulai menekan sel saraf. Selain itu, kamu juga perlu peka terhadap cairan yang keluar dari puting. Cairan tersebut juga merupakan tanda berkembangnya sel kanker pada jaringan payudara.


 

baca juga

Pori-pori Pada Kulit Payudara Membesar

Waspada juga pada pori-pori kulit payudara yang mulai membesar. Biasanya, kanker payudara tumbuh ditandai dengan perubahan ukuran pori-pori sehingga kulit menjadi menyerupai kulit jeruk.

source: http://ker80dd7pr.soup.io/

Selain itu, waspadalah juga pada munculnya tahi lalat yang terus membesar atau perubahan bentuk puting. Kedua hal ini adalah ciri-ciri luar munculnya kanker payudara yang dapat kamu amati.

 

Benjolan Pada Ketiak

Tanda kanker payudara selanjutnya adalah munculnya benjolan pada ketiak. Karena itu, lakukan pemeriksaan dini tentang keberadaan benjolan aneh pada area sekitar ketiak secara rutin. Berikut ini adalah tutorial memeriksa benjolan pada area ketiak untuk mendeteksi kemungkinan tumbuhnya kanker payudara.

youtube:pDLY-WRTwfk
source: https://www.youtube.com/watch?v=pDLY-WRTwfk
PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI)


 

baca juga

Nyeri Punggung

Pertumbuhan kanker payudara yang sudah lebih lanjut akan mendorong saraf serta ligamen. Hal inilah yang dapat menyebabkan punggungmu sering terasa sakit dan nyeri. Rasa nyeri ini juga dapat terjadi di area badan lain sekitar payudara.

source: http://www.kesehatann.com/

Nah, itulah beberapa tanda kanker payudara yang harus kamu kenali sejak dini. Jika kamu merasakan salah satu tanda, segeralah berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui lebih lanjut kondisimu.