1. Cuci tangan sebelum membersihkan wajah

Meskipun wajahmu kotor, pastikan kamu sudah mencuci tanganmu sebelum mulai mengoleskan pembersih pada wajah atau memegang kapas pembersih. Kuman dan bakteri di tangan bisa saja berpindah, sehingga malah menambah kotoran pada wajahmu.

source: http://lagizi.com


 

2. Kompres wajah dengan air hangat, atau uapkan

Setelah kamu mencuci tangan, kamu dapat mengompres wajah dengan menggunakan air hangat atau memaparkan uap pada wajah. Hal ini penting untuk membuka pori-pori wajah sehingga make up yang masuk ke pori-pori dapat dibersihkan dengan sempurna.

source: http://media-shareplus.blogspot.com


 

baca juga

3. Bersihkan make up pada area mata

Setelah itu, kamu langsung mulai membersihkan make up pada bagian mata terlebih dahulu. Kulit area sekitar mata yang sensitif mudah sekali kering dan keriput. Karena itu, pastikan kamu menggunakan pembersih dengan kandungan yang baik dan alami. Misalnya dengan baby oil atau minyak zaitun.
 

source: https://www.medianita.com
source: https://www.glamour.com


 

baca juga

4. Perhatikan teknik membersihkan eye shadow dan maskara

Make up pada bagian mata perlu dibersihkan dengan cara yang benar. Untuk maskara, gunakan cotton bud yang sudah dibasahi dengan baby oil, minyak zaitun, atau make up remover yang kamu gunakan. Kemudian hapus perlahan satu persatu dengan menutup kelopak bulu mata yang sedang dibersihkan.

source: http://cantik-maskara.blogspot.com

Untuk eye shadow, kamu dapat menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan baby oil, minyak zaitun, atau make up remover. Kemudian letakan pada kelopak mata, diamkan selama 1 menit. Biarkan make up meresap pada kapas. Lalu usapkan untuk mengangkat semua kotoran.

 

5. Bersihkan seluruh area wajah dengan kapas

Lalu, jika area mata sudah bersih, lanjutkan membersihkan area wajah mulai dari daerah T, pipi, dagu, dan leher. Gunakan kapas bersih dan ganti jika kapas sudah penuh dengan sisa make up.

youtube:UxK_jJa6K78
source: https://www.youtube.com/watch?v=UxK_jJa6K78
How I Remove My Makeup + Skincare Routine | Get Ready With Me Makeup Tutorial | Teni Panosian

Nah, itulah tips membersihkan make up dengan efektif dan benar. Lakukan secara rutin untuk tetap menjaga kesehatan kulit. Setelah bersih, kamu dapat mengoleskan minyak zaitun sebagai masker saat tidur untuk menutrisi dan melembapkan kulit setelah seharian tertutup make up.