Bakpia

source: http://reseveera.blogspot.co.id

Bakpia identik dengan oleh-oleh khas Yogyakarta. Bakpia yang terbuat dari adonan tepung terigu ini dimasak dengan cara dipanggang. Bakpia ala Yogyakarta mempunyai aneka isi yang yummy. Mulai dari kacang hijau, coklat, keju sampai dengan durian.

Bakpia yang berukuran kecil ini terasa renyah di mulut dengan isi yang melimpah lho. Kamu dapat membelinya dalam satu kotak dengan beragam isi. Bakpia Pathuk adalah bakpia kebanggaan warga Yogya. Kalau kamu ke Yogyakarta, kamu dapat membelinya di Jalan KS tubun NG1/504, Danurejan.

 

Gudeg

source: https://bonvoyagejogja.com
Nah kalau kamu ke Yogyakarta, kamu wajib mencicipi gudeg ala Yogya. Ada 2 jenis gudeg, yaitu gudeg basah dan gudeg kering. Berisi nangka yang dipotong kecil dengan aneka bumbu dan diolah melalui proses yang cukup lama, gudeg terasa manis dan enak dinikmati bersama dengan krecek pedas.

Untuk oleh-oleh, sebaiknya kamu membeli gudeg kering, dimana gudeg ini dapat bertahan hingga 3 hari di kulkas. Mampirlah ke Gudeg Yu Djum yang terkenal di daerah Kaliurang. Uniknya, jika kamu memesan gudeg kering untuk dibawa pulang, biasanya akan dikemas dalam besek atau kendil, sesuai keinginanmu.

 
baca juga

Yangko

source: http://www.masakandapurku.com

Buat kamu yang mau beli oleh-oleh unik khas Yogya, kamu bisa memilih yangko. Yangko hanya dijual di Yogya lho. Mirip dengan kue moci, yangko terbuat dari tepung beras ketan dan memiliki tekstur yang kenyal. Isinya kacang cincang dan rasanya manis legit mirip moci.

Penampilannya menarik dengan bentuk kotak warna warni cerah bertabur tepung. Biasanya sekotak yangko berisi 30 buah. Nah kamu bisa mampir ke Yangko Pak Prapto di Jalan Pramuka No 82 atau bisa ditemui di hampir semua tempat di Yogya.

 

Geplak

source: https://masfikr.com
Cita rasa manis sudah melekat pada makanan khas Yogyakarta. Geplak adalah salah satunya. Camilan enak ini terbuat dari kelapa yang diiris tipis dan dimasak dengan campuran gula. Dengan warna yang beragam, oleh-oleh khas Yogyakarta yang satu ini menjadi favorite wisatawan. Rasanya yang lembut dan enak ketika digigit ini memang cocok dinikmati sebagai sarapan atau selingan di sore hari.

 
baca juga

Batik

source: http://www.harapanrakyat.com

Tak hanya kota Solo, Yogyakarta juga mempunyai batik yang bagus lho. Kreativitas warga Yogyakarta dalam membatik tak hanya dituangkan dalam sepotong lain, melainkan pada tas, syal bahkan sandal. Ada banyak perajin batik di kota ini dan kamu dapat menjumpai hampir di semua tempat di Yogyakarta. Kalau kamu sedang berada di Malioboro, kamu akan melihat sepanjang toko yang ada disini menjual oleh-oleh khas Yogyakarta sebagai hasil seni masyarakat setempat.