Saat akan melakukan perawatan kulit wajah untuk mencegah penuaan dini, kamu juga perlu mempertimbangkan metode apa yang akan kamu pilih. Jika tanda-tanda penuaan dini sudah sangat jelas terlihat, kamu pasti akan segera berkonsultasi di klinik kecantikan kulit dan melakukan tindakan perawatan yang tepat. Namun, waspadai penggunaan bahan-bahan kimia berbahaya serta tindakan bedah yang berisiko, seperti face filler atau tanam benang. 

source: http://www.thehealthsite.com

Untuk itu, cobalah melihat alternatif untuk mencegah, mengurangi, dan menghilangkan tanda-tanda penuaan dini dengan melakukan perawatan yang alami. Selain aman, perawatan dengan bahan alami akan memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Langsung yuk simak tips mengatasi penuaan dini pada wajah!



1. Perbanyak Minum Air Putih dan Istirahat yang Cukup

Membiasakan pola hidup yang sehat dan disiplin adalah kunci utama menjaga kesehatan dan stamina tubuh agar tetap muda. Selain itu, metabolisme yang baik juga akan mendorong stabilnya proses regenerasi kulit. Jadi, biasakan hidup sehat sedini mungkin, ya!

source: http://www.diarikurus.com
Selain itu, kamu juga perlu memastikan posisi tidurmu adalah posisi tidur yang tepat untuk menjaga kulit tetap baik. Hindari tidur tengkurap atau miring yang membebankan massa kepala pada kulit wajah. Kerutan dapat timbul karena kebiasaan ini.
baca juga



2. Cermat Saat Membersihkan Wajah

Rajin membersihkan wajah memang sangat penting, tetapi kamu juga harus memperhatikan produk pembersih wajah yang kamu gunakan. Hindari sabun pencuci wajah yang dapat membuat wajah kering. Pastikan wajah terus diberikan nutrisi untuk melembapkan dan menjaga kekenyalan kulit.

source: https://www.merdeka.com

Jangan pernah tinggalkan kebiasaan membersihkan make up sebelum tidur. Kandungan bahan make up yang menyerap saat tidur dapat membuat kulit kering dan rusak.



3. Jaga Kelembapan Kulit

Hal yang paling penting jika kamu ingin tampil awet muda adalah menjaga kulit agar terus lembap. Kulit yang kering akan mudah keriput dan kusam. Untuk itu, lakukanlah perawatan untuk menjaga kelembapan kulit. Salah satunya adalah dengan rutin menggunakan masker minyak zaitun.

source: http://www.svevesti.com

Cara melakukan perawatan dengan minyak zaitun adalah dengan mengoleskan minyak zaitun pada wajah sebelum tidur, dan biarkan hingga esok pagi. Kebiasaan ini sangat baik untuk menjaga kulit agar tetap lembap alami.

baca juga



4. Lakukan Perawatan Masker Buah Secara Rutin

Banyak sekali informasi mengenai perawatan wajah dengan masker berbahan alami yang dapat kamu buat sendiri di rumah. Kamu dapat melihat beberapa rekomendasi masker buah alami di sini.

source: https://lifestyle.sindonews.com

Permasalahan kulit juga dapat diatasi dengan perawatan alami menggunakan masker buah. Lakukan perawatan dengan rutin setiap weekend agar hasil yang didapatkan lebih maksimal.



5. Konsumsi Buah dan Sayur yang Kaya Antioksidan

Terakhir, selain menjaga kulit dari luar, pastikan kamu menutrisi kulit kamu dari dalam dengan baik. Konsumsilah buah dan sayur yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Selain berkhasiat memperlambat proses penuaan, antioksidan juga mampu merangsang proses regerasi kulit dengan memicu kolagen lebih baik.

source: http://lifestyle.kompas.com

Nah, itulah rahasia untuk wajah yang awet muda alami tanpa bahan kimia. Semoga bermanfaat, ya!