Jika sepatu kulit tersebut kamu gunakan setiap hari untuk beraktifitas, tentunya kamu harus membersihkan dan merawatnya dengan baik. Nah, berikut ini beberapa tips merawat sepatu wanita dengan cara yang benar namu tidak ribet. Simak ulasannya di bawah ini ya, ladies. 


1. Simpan Sepatu di Tempat yang Benar

Ada baiknya simpan sepatu kesayanganmu di tempat yang tepat, seperti lemari atau rak sepatu. Jangan meletakkan sepatu kulit hingga bersentuhan dengan sepatu lainnya, karena dapat menyebabkan kulit lecet. Bersihkan rak setidaknya satu bulan sekali agar debu dan kotoran tidak banyak menempel pada sepatu. 

 
source: http://media.rooang.com


 

2. Jangan Sering Terkena Air

Sepatu kulit mempunyai serat asli yang tidak bisa terkena berbagai sembarang sabun dan juga air. Jika sepatu terkena noda minyak atau kotoran, jangan langsung mencucinya dengan air. Sebaiknya sikat terlebih dahulu dengan menggunakan sikat gigi atau kain basah. Selain itu kamu juga bisa menggunakan saddle soap atau cream yang memang dikhususkan untuk merawat sepatu kulit. 

baca juga



3. Jauhkan dari Sinar Matahari Langsung

Tips merawat sepatu wanita berbahan kulit lainnya adalah dengan cara menjauhkannya dari panas sinar matahari langsung. Jika kamu selesai mencuci sepatu, sebaiknya jemur ditempat yang mendapat sinar matahari dan angin yang cukup. Jangan langsung menjemurnya di tempat yang terpapar sinar matahari langsung, seperti di atas atap rumah. 

 

source: https://jurnal.maskoolin.com



4. Gunakan spray-on waterproofing 

Spray-on waterproofing 
zat khusus yang bisa membuat sepatu kulitmu tahan terhadap air. Semprotkan spray-on waterproofing setelah sepatu dibersihkan, dan tunggu beberapa menit hingga kering. Namun prlu diingat, jangan terlalu sering mengunakan zat ini, karena akan membuat serat asli sepatu kulitmu tertutup dan kurang mendapatkan udara. 

 

source: http://www.ebay.co.uk