Cuci


Cara menyimpan sayuran agar tahan lama yang pertama adalah bersihkan sayuran dengan mencucinya dalam campuran air dan cuka putih dengan perbandingan 10:1. Tak hanya membersihkannya dari pestisida secara aman, metode ini akan membasmi spora penyebab jamur yang dapat membuat sayuran rusak.

source: https://www.budgetbytes.com



Pisahkan


Saat mulai matang, beberapa jenis sayuran memproduksi gas etilen. Gas ini dapat membuat beberapa jenis sayuran matang terlalu cepat. Jadi, sebaiknya kamu tidak mencampur kedua jenis sayuran yang berlawanan ini, ya. 
  • Memproduksi etilen: tomat
  • Sensitif terhadap etilen: brokoli, wortel, sayuran hijau
source: https://www.choice.com.au
baca juga



Lemari Es


Menyimpan sayuran dalam lemari es tak akan menjamin kesegarannya. Beberapa jenis sayuran seperti kentang, bawang bombay dan tomat lebih baik disimpan di suhu ruang yang sejuk dan nggak lembab. 
 

source: https://id.pinterest.com



Penyimpanan Khusus


Beberapa jenis sayuran seperti selada, brokoli dan wortel akan mudah layu dan rusak setelah dipetik. Belilah dalam jumlah seperlunya, simpan secara terpisah di lemari es. Pastikan sayuran dalam keadaan kering, karena kelembaban berlebih dapat membuatnya cepat busuk.
 

source: https://www.thespruce.com
baca juga



Hindari Kelembapan


Ada beberapa jenis sayuran seperti selada dan jamur yang mudah rusak saat disimpan pada ruangan lembap. Keringkan dengan benar sebelum membungkusnya dengan paper towel atau kitchen napkin untuk menyerap kelembapan berlebih.
 

source: http://features.faithtap.com