Alat dan Bahan

Saat akan membuat gel lidah buaya, kamu perlu memastikan telah menyiapkan alat-alat berikut ini:

  1. Lidah buaya secukupnya
  2. Vitamin C (Opsional)
  3. Madu (Opsional)
  4. Pisau
  5. Mangkuk
  6. Garpu
  7. Toples
source: http://weichennz.blogspot.com/



 

baca juga

Langkah Membuat Gel Lidah Buaya Sendiri

Ambil dan potonglah daun terluar dari tanaman lidah buaya.

Daun lidah buaya dengan posisi yang paling luar adalah daun yang sudah lebih lama tumbuh. Selain itu, daun lidah buaya yang terluar juga memiliki gel dan daging yang lebih lembut dan segar. Karena itu, kamu lebih direkomendasikan untuk memilih daun yang paling luar.
 

source: https://kawaiibeautyjapan.com


Selain itu, potong daun menggunakan pisau pada pangkalnya. Pastikan kamu memotongnya dengan rapi agar tidak banyak gel yang terbuang. Kamu cukup mengambil 1 atau 2 daun lidah buaya karena sifat gel ini tidak tahan lama dan akan sayang jika kamu membuatnya terlalu banyak.

 

Bersihkan resin dari daun dengan meletakannya dalam mangkuk selama 10 menit. 

Letakkan dan diamkan daun lidah buaya yang sudah dipotong dalam mangkuk dengan posisi tegak. Pastikan bagian bawahnya adalah pangkal daun yang dipotong. Dengan cara ini, resin yang berwarna kuning gelap dalam daun lidah buaya akan mengalir keluar hingga habis. Resin sebaiknya dibersihkan dari daun lidah buaya karena mengandung getah yang dapat menyebabkan iritasi.
 

source: http://www.cantikalamiku.com


 

baca juga

Mengupas daun lidah buaya. 

Setelah semua resin keluar dan bersih, kamu dapat mulai mengupas daun lidah buaya yang akan kamu gunakan. Pastikan kamu hanya mengupas salah satu sisi kulit sehingga gel tetap menempel pada sisi yang lain.
 

source: http://herbadantumbuhan.blogspot.com/


 

Ambil gel dengan menggunakan sendok. 

Setelah dikupas, kamu dapat mulai memisahkan gel dengan kulit satunya dengan mengoreknya menggunakan sendok. Pastikan semua gel sudah terkorek dan letakan dalam mangkuk bersih.
 
source: http://soloproductosnaturales.blogspot.com/


 

Kocok gel menggunakan garpu, tambahkan vitamin jika diperlukan. 

Untuk mendapatkan gel lidah buaya yang lembut merata, kamu dapat mengocok gel dalam mangkuk dengan menggunakan garpu seperti sedang mengocok telur. Kamu dapat menambahkan vitamin C untuk memberikan nutrisi dan menambah daya tahan gel lidah buaya ini. Vitamin C yang digunakan dapat berupa bubuk.
 

source: http://cantikaku.com/


 

Simpan gel ke dalam toples atau botol kaca yang telah dibersihkan. 

Setelah selesai diaduk, kamu dapat langsung menyimpannya dalam toples atau botol bening. Pastikan tempat yang kamu gunakan sudah bersih, ya!
 

source: https://kawaiibeautyjapan.com/

Nah, itulah langkah mudah membuat gel lidah buaya sendiri di rumah. Mudah dan praktis, bukan? Pastikan kamu menyimpan gel yang telah kamu buat dalam kulkas agar dapat lebih tahan lama. Gel yang disimpan di kulkas dapat bertahan hingga 1 bulan. Sedangkan jika kamu simpan dalam suhu ruangan, gel hanya akan bertahan selama 1 minggu saja.