1. Pisahkan Hijab dan Baju Saat Mencuci 

Memisahkan hijab dan baju saat mencuci adalah salah satu cara penting untuk menjaga warna hijab tetap awet dan cerah. Hal ini penting untuk menghindari warna yang luntur atau noda yang berpindah dan menempel pada hijab.
 

source: http://www.diaryhijaber.com/




2. Rendam Hijab dengan Air Hangat

Kamu dapat menggabungkan berbagai jenis hijab dalam satu cucian. Pastikan tidak ada hijab dengan warna lukis yang mudah luntur, ya! Lalu rendam dengan air hangat untuk menghilangkan bakteri penyebab bau tidak sedap.

Kemudian kucek satu per satu hijab dengan menggunakan sampo yang rendah deterjen. Hal ini penting untuk menghindari mengikisknya pigmen warna yang menyebabkan warna hijab pudar.
 

source: http://www.dorieshop.com/
baca juga




3. Jemurlah dengan Cara yang Benar

Hindari menjemur hijab langsung di bawah sinar matahari. Paparan sinar matahari langsung dapat menyebabkan warna hijab mudah luntur dan kusam. Kamu dapat menjemurnya dibawah bayangan, dan membiarkannya kering dengan angin-angin yang bertiup di sekitarnya.
 

source: http://berita.baca.co.id/


Tips lain, kamu dapat membalik posisi hijab saat dijemur agar bagian depan hijab tidak mudah pudar warnanya.




4. Setrika dengan Suhu Medium Atau Sedang

Pastikan kamu menyetrika hijabmu dengan suhu yang sedang. Suhu yang terlalu panas dapat merusak serat kain dan menyebabkan warna memudar.
 

source: http://www.hipwee.com/
baca juga




5. Simpan Hijab dengan Baik

Saat menyimpan hijab, simpanlah dengan cara menggantungnya. Jika kamu terbiasa menggulung tidak karuan di dalam lemari, hijab kamu dapat menempel dengan dinding lemari atau terkena debu kotor sehingga warna lebih mudah pudar. Berbeda jika kamu menggantungnya, hijab kamu akan lebih mudah terpapar udara sehingga tidak mudah kusam. 
 

source: https://mazdazero.wordpress.com/


Nah, itulah beberapa tips perawatan hijab agar warnanya tetap cerah dan tidak pudar. Semoga bermanfaat, ya!