1. Cuci Rambut dengan Teratur

Hal pertama yang kamu harus perhatikan adalah jadwal kamu mencuci rambut. Kepala yang terlalu lama tertutup hijab cenderung lebih mudah berkeringat sehingga lebih cepat lepek dan bau. Ditambah lagi, rambut yang berminyak juga lebih mudah untuk rontok. Karena itu, cucilah rambut secara rutin minimal dua hari sekali.


 

baca juga

2. Gunakan Kondisioner dan Hair Mask untuk Menghaluskan Rambut

Rambut yang panjang rentan sekali kusut. Apalagi saat harus diikat seharian dengan gulungan yang tidak teratur. Karena itu, penting untuk kamu menjaga kelembapan dan kelembutan rambut dengan menggunakan kondisioner setiap sehabis keramas dan menggunakan hair mask minimal dua kali seminggu.

source: http://www.tampilcantik.com


 

3. Hindari Mengeringkan Rambut dengan Hair Dryer

Keringkan rambut dengan cara manual, yaitu dengan diangin-anginkan atau digosok handuk perlahan. Mengeringkan rambut dengan hair dryer dapat membuat rambut menjadi kering dan mudah rapuh saat diikat.

source: https://www.warassehat.com


 

baca juga

4. Hindari Mengikat Rambut dengan Kuat

Saat akan mengikat rambut, pastikan kamu mengikatnya dengan ikatan yang longgar dan ikat rambut yang lembut. Jangan menggunakan karet gelang karena dapat merusak batang rambut dan membuat rambut panjangmu menjadi kusut.

source: https://www.laksani.com

Selain itu, pastikan kamu selalu menyisir rambutmu sebelum kamu mengikatnya. Hal ini penting untuk menjamin rambut kamu tidak kusut dan semakin kusut saat diikat.

 

5. Istirahatkan Rambut 

Rambut yang terlalu sering diikat dan tertutup hijab akan menjadi mudah lepek dan rapuh. Karena itu, jika ada kesempatan untuk membuka hijab dan ikatan rambut, bukalah untuk mengistirahatkan rambut. Biarkan rambutmu terpapar udara segar dan tergerai.

source: https://hellosehat.com

Selain itu, tips spesial untuk kamu yang sering berpergian jauh dan terpaksa menggunakan hijab hampir seharian, sempatkanlah ke salon untuk melakukan creambath atau hair spa sebelum beraktivitas padat. Perawatan rambut ini akan menjaga rambut tetap sehat meskipun ditutup berhari-hari.

Nah, itulah beberapa tips merawat rambut khusus untuk kamu para hijabers. Pastikan rambut kamu tetap sehat meskipun tertutup, ya!