1. Edelweiss

Bunga yang banyak dijumpai di dataran tinggi ini bermanfaat untuk melawan efek buruk dari radiasi matahari.
source: http://yre-connect.com/edelweiss-a-collapsed-star/
Para ilmuwan telah menemukan banyak senyawa pada bunga edelweiss yang baik untuk kulit seperti chlorogenic acid sebagai anti-oksidan untuk menghambat tumor, luteolin untuk mengurangi reaksi alergi, bisabolane derivatives sebagai anti-inflamasi (anti-peradangan), dan beta sitosterol yang dapat membantu menenangkan kulit.
source: http://www.annmariegianni.com/ingredient-showcase-edelweiss-small-and-white-but-with-anti-aging-might/
Edelweiss telah digunakan sebagai bahan produk perawatan kulit.
source: http://www.plantesystem.com/plants/edelweiss-8.html
Sebuah penelitian dari badan riset di Italia dan Belarusia menunjukkan bahwa sel bunga edeleweiss dapat menjadi sumber zat anti-inflamasi yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit peradangan kulit kronis. Selama beberapa tahun terakhir, zat anti-inflamasi yang terkandung di edelweiss telah dimanfaatkan dalam pengolahan kosmetik untuk melawan peradangan kulit akibat radiasi matahari yang berpotensi menyebabkan penuaan dan tumor kulit.
source: http://www.hindawi.com/journals/mi/2012/498373/

2. Saffron

Bunga Saffron berkualitas tinggi banyak dibudidayakan di Spanyol, Perancis, Italia dan beberapa negara di Timur Tengah. Bunga yang sering digunakan sebagai pewarna kuning untuk makanan ini memiliki banyak khasiat untuk kulit.
source: http://concerious.blogdetik.com/2012/10/03/khasiat-bunga-saffron/
Saffron bermanfaat sebagai penyedia oksigen bagi kulit serta dapat mencerahkan kulit. Pemakaian saffron secara rutin dapat membuat kulit lebih bersinar. Selain itu, saffron juga memiliki sifat anti-bakterial sehingga sering dijadikan sebagai pengobatan alami untuk mengatasi jerawat.
source: http://www.vibhalife.com/saffron-natural-skin-remedies/

3. Marigold

Bunga marigold umumnya memiliki warna orange dan kuning. Marigold dikenal sangat efektif untuk mengobati berbagai masalah atau infeksi kulit.
source: http://www.wisegeek.com/what-are-the-different-marigold-pests.htm
Marigold telah mendapat tempat tersendiri dalam studi kanker dan pengobatan anti-kanker karena memiliki kandungan antiseptik, anti-inflamasi dan anti-bakteri. Marigold dapat membantu perawatan luka dan ampuh dalam menyembuhkan luka bakar, sengatan dan impetigo (penyakit kulit menular).
source: http://www.naturalnews.com/026958_Marigold_flowers_tea.html#
Khasiat marigold untuk perawatan medis telah terbukti efektif.
source: http://inhabitat.com/diy-all-natural-creams-and-salves-for-cold-battered-hands/
Bunga marigold dinilai bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan membantu penyembuhan luka. Bunga ini telah digunakan untuk merawat berbagai penyakit kulit dan telah terbukti efektif untuk perawatan koreng kulit, eksema (jenis peradangan kulit), jerawat dan phtiriasis (penyakit kulit akibat tuma atau kutu). Menurut Universitatea de Medicina si Farmacie, hasil dari perawatan dengan menggunakan marigold dapat dilihat dalam 3-4 hari.
source: http://www.herbwisdom.com/herb-marigold.html

4. Mawar

Apabila Minasan memiliki jenis kulit kering, bunga mawar mungkin dapat menjadi solusinya.
source: http://www.sampaikini.com/rose-flower-full-hd-wallpaper/
Bunga mawar memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga dapat membantu melindungi sel kulit dari kerusakan. Beberapa bukti juga menunjukkan bahwa air bunga mawar dapat melindungi kulit agar tidak terbakar oleh sinar matahari.
source: http://www.organicauthority.com/delicious-beauty/7-natural-beauty-benefits-of-roses.html
Nutrisi dalam bunga mawar mampu melembabkan kulit.
source: https://www.expatads.com/15-India/posts/71-Fashion-Lifestyle/1551-Fragrances-Perfumes/2177872-Natural-Rose-Oil-Suppliers-In-India-.html
Minyak esensial bunga mawar mengandung vitamin, mineral dan antioksidan kompleks yang bermanfaat untuk melembutkan kulit. Selain itu, minyak bunga mawar juga dapat menjadi antiseptik dan astringen untuk merawat kulit berjerawat serta sebagai zat anti-inflamasi yang membantu merawat kulit kemerahan dan meradang. Minyak bunga mawar dapat memperbaiki tekstur kulit, mencegah penyakit kulit seperti psoriasis (kulit bersisik) dan dermatitis atopik (peradangan berupa ruam). Sebuah studi menunjukkan bahwa minyak esensial bunga mawar dapat membantu menyembuhkan luka sekaligus mencegah kekurangan air pada kulit dan menurunkan konsentrasi kortisol (hormon stres) di dalam tubuh.
source: http://www.huffingtonpost.com/emilie-davidson-hoyt/rose-oil-benefits_b_2633703.html

5. Matahari

Bunga matahari kaya akan kandungan nutrisi yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari.
source: http://earthtechling.com/2012/01/sunflower-inspires-more-efficient-solar-layout/
Minyak bunga matahari mengandung vitamin E yang sangat tinggi sehingga dapat melindungi sel kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet. Selain itu, minyak bunga matahari juga mengandung vitamin A, C dan D serta karotenoid (pigmen alami) sehat yang dapat membentuk pelindung bagi kulit serta efektif untuk merawat kulit berjerawat. Minyak bunga matahari juga merupakan sumber beta-karoten yang bermanfaat untuk mengurangi sensitivitas kulit terhadap matahari dan mampu mencegah tanda-tanda penuaan dengan kandungan anti-oksidannya.
source: http://www.stylecraze.com/articles/best-benefits-of-sunflower-oil-for-skin-hair-and-health/