Stress


Sering dihiraukan, namun faktanya stress dapat mempengaruhi kelenjar minyak di kulit untuk memproduksi sebum secara berlebihan. Selalu ingatkan dirimu bahwa stress hanya akan menambah beban, dan tak akan menyelesaikan apapun.
 
source: http://www.worktolive.info



Malas Menggunakan Skin Care


Karena lelah beraktivitas, kamu langsung tidur atau bersantai setelah membersihkan muka. Kalau diteruskan, kebiasaan ini dapat membuat kulit semakin berminyak karena dehidrasi, lho.

Pasalnya, kulit membutuhkan kadar air dan kadar minyak yang seimbang. Beberapa produk hydrating skin care yang mengandung glycerin atau hyaluronic acid membantu menjaga kadar air di kulit, dan moisturizer mengunci kelembaban di kulit. Apabila kadar air di kulit rendah, maka kelenjar minyak akan memproduksi sebum secara berlebih untuk mencegah kulit kering. Kulit jadi semakin berminyak, deh.
 
source: http://thechart.blogs.cnn.com
<baca juga>



Menggunakan Produk yang Terlalu Drying


Pemilik kulit berminyak mungkin gelap mata tiap kali menemukan produk dengan embel-embel mattifying. Ketahuilah bahwa jika kamu menggunakan mattifying skin care yang ditumpuk dengan mattifying make up, semua produk ini akan menarik kelembaban kulit secara intens. Untuk melindungi diri, kulit otomatis memproduksi lebih banyak sebum, menggantikan kelembaban yang hilang akibat produk-produk yang kelewat drying.
 
source: https://id.pinterest.com



Menggunakan Produk dengan Alkohol


Banyak produk skin care atau make up diam-diam mengandung alkohol, untuk memberi sensasi segar hingga mempercepat penyerapan. Padahal, saat alkohol menguap, maka kadar air akan ikut hilang. Sebagai gantinya, kulit akan memproduksi lebih banyak sebum.
 

source: http://www.vivawoman.net