Tak harus menyiksa tubuh dengan diet berat untuk menurunkan berat badan. Cukup lakukan beberapa kebiasaan dan kegiatan ini untuk mendapatkan tubuh yang sehat, metabolisme yang baik, dan berat badan ideal.
Hindari Makan di Meja Kerja
Sesibuk apapun kau di kantor atau kampus, hindari untuk makan di atas meja kerja, apalagi makan sambil bekerja. Karena, makan sambil bekerja akan membuat kita lebih fokus pada pekerjaan sehingga secara tidak sadar kita bisa mengonsumsi lebih banyak kalori. Tubuh perlu bergerak untuk membakar kalori yang sudah masuk saat makan siang. Jika keadaan ini tidak terhidarkan, kamu bisa berjalan-jalan di taman sebentar setelah makan siang agar tubuh bergerak dan pencernaan lebih lancar.
Sarapan Rendah Kalori
Sarapan adalah salah satu rutinitas yang tidak boleh dilewatkan oleh beberapa metode diet tertentu. Alasannya, sarapan diperlukan oleh tubuh sebagai sumber energi. Melewatkan sarapan bisa membuat kita mengonsumsi lebih banyak porsi makanan pada siang hari. Pilihlah sarapan yang mengandung kalori rendah dan berserat tinggi seperti oatmeal atau roti gandum.
Disiplin Waktu Makan Malam
Tubuh perlu kondisi yang tenang saat malam hari. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk memiliki waktu jeda antara makan malam dengan waktu tidur minimal 2 jam. Sehingga, tubuh tidak sibuk untuk mencerna makanan pada saat waktunya beristirahat.
Untuk kamu yang sedang dalam proses diet, disiplin terhadap waktu makan malam adalah salah satu cara menurunkan berat badan yang wajib dilakukan. Stop makan dan minum minuman manis pada pukul 6.30 atau 7.00 malam. Karena tubuh kurang beraktivitas pada malam hari, sehingga kalori akan banyak menumpuk dan tidak terbakar. Maka dari itu, makanlah dalam porsi yang secukupnya dan hindari karbohidrat terlalu banyak.
Bangun Lebih Pagi, Tidur Lebih Cepat
Ingin menurunkan berat badan? Bangunlah satu jam lebih pagi dan lakukan olahraga ringan seperti jogging atau bersepeda. Udara pagi yang segar dan tubuh yang fit setelah berolahraga ringan akan membuat kita lebih semangat dalam beraktivitas sepanjang hari.
Begitupun saat malam hari, tidurlah satu jam lebih cepat dan hindari begadang. Kurang tidur bisa membuat metabolisme terganggu, lho. Padahal metabolisme sangat berperan dalam menurunkan berat badan.
Berenang
Jika dilakukan secara benar dan tepat, berenang bisa membakar banyak kalori, lho. Untuk 1 jam berenang dengan intensitas yang sedang, rata-rata kalori yang terbakar berjumlah 400-500 kalori. Poin tambahannya adalah otot terlatih sehingga bentuk badan menjadi ideal dan metabolisme akan meningkat.
Traveling
Kemasi backpack kamu dan bersiaplah untuk mengeksplorasi tempat-tempat menarik. Banyaknya aktivitas yang kamu lakukan selama traveling seperti berjalan kaki sekitar kota atau berenang di pantai, bisa menguras kalori. Kegiatan ini adalah salah satu cara menurunkan berat badan yang paling menyenangkan.
Selamat mencoba ya, Minasan!