Setiap orang membutuhkan penggunaan skin care yang berbeda-beda, semua tergantung dari jenis kulit, hingga musim atau cuaca yang bisa mempengaruhi keadaan kulit. Belum lagi, ratusan merek skin care yang ada juga memiliki kemungkinan tidak cocok di kulitmu.

Untuk itu, rasanya wajar apabila sampai sekarang kamu masih kesulitan membentuk skin care routine yang cocok. Tapi jangan putus asa dulu ya, Ladies. Kali ini Beautynesia akan membagikan tips dan urutan skin care routine untuk kulit berminyak.



Kamu Perlu Tahu!

Sesuai dengan namanya, jenis kulit berminyak memiliki kelenjar minyak yang lebih aktif dan produksi sebum lebih banyak. Dalam menggunakan skin care, kamu dengan jenis kulit berminyak perlu melembapkan kulitmu agar aktivitas kelenjar minyak tidak berlebihan alias agar kulitmu tidak memproduksi minyak lebih banyak.
 

source: http://tipsntutorialpro.com/




☀️ Skin Care Routine Pagi

Cleansing:
Kulit berminyak lebih rentan berjerawat karena minyak bisa membantu bakteri berkembang lebih cepat. Hal penting pertama yang perlu kamu lakukan adalah menjaga kebersihan kulitmu dengan mencuci wajah sebanyak 3 kali sehari.

Toning: Penggunaan toner dimaksudkan untuk membersihkan kulit dari sisa kotoran yang belum terangkat saat kamu mencuci wajah dengan cleanser. Tips khusus kamu dengan kulit berminyak, hindari toner dengan kandungan alkohol ya!

Moisturizing: Siapa bilang kulit berminyak tidak membutuhkan pelembap lagi? Justru kamu harus menjaga kelembapan kulitmu dengan maksimal untuk meminimalisir produksi minyak. Pastikan juga kulitmu tidak terlalu kering setelah dibersihkan, karena kulit yang kering juga bisa memicu produksi minyak berlebih. Gunakan pelembap yang bebas minyak (oil-free moisturizer), atau dengan kandungan sodium PCA dan glycerin untuk membantu mempertahankan kelembapan kulit.

Sunscreen: Jenis sunscreen yang cocok sebagai skin care routine untuk kulit berminyak yaitu sunscreen fisika, dengan komposisi zinc oxide, yang bekerja dengan melapisi kulit dan memantulkan sinar UV. Sunscreen jenis ini lebih cocok untuk kamu yang memiliki kulit berminyak karena memberikan finish matte dan mengandung anti bakteri natural untuk mencegah jerawat.
 

source: https://www.pexels.com/
baca juga




🌙 Skin Care Routine Malam

Langkah pertama dan kedua untuk penggunaan skin care routine di malam hari sama dengan diatas, yaitu membersihkan wajah dengan cleanser dan kemudian gunakan toner. Lalu, khusus di malam hari, kamu juga bisa menggunakan AHA/BHA serum.

Serum dengan kandungan AHA/BHA ini berfungsi untuk membantu mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori dan membuat tampilan kulit lebih segar. Setelahnya, kamu bisa memakai pelembap (moisturizer) untuk menjaga kelembapan kulit selama tidur.
 

source: https://www.pexels.com/