1. Gunakan Air Dingin

Cucilah selalu hijab kamu menggunakan air dingin ya, Beautynesian. Sebaiknya hindari menggunakan air panas karena hal ini bisa merusak bahan dan tekstur hijab. Baik untuk merendam maupun membilas selalu gunakan air dingin.
 
source: http://www.hipwee.com/



 

baca juga

2. Cuci dengan Tangan

Cara mencuci hijab terbaik berikutnya adalah mencuci hijab tidak dengan mesin cuci melainkan dengan tangan. Mencuci menggunakan mesin cuci dapat merusak bahan hijab.
 

source: http://id.pinterest.com



 

3. Pisahkan atau Pilah Hijab yang Mudah Luntur

Hal ini harus kamu lakukan juga sebagai cara mencuci hijab yang benar. Pisahkan hijab yang berwarna terang dan mudah luntur dengan hijab warna putih atau terang. Kamu bisa mencuci hijab berwarna putih atau terang terlebih dahulu.
 

source: http://www.molto.co.id/



 

baca juga

4. Rendam dengan Deterjen Khusus

Deterjen khusus yang dimaksud di sini adalah deterjen dengan formula yang lembut sehingga tidak merusak hijab jika kamu merendamnya. Kamu bisa memilih deterjen cair yang sudah banyak dijual.

Selain itu jangan terlalu lama merendamnya, cukup rendam hijab kurang lebih 15 menit saja. Setelah direndam, selanjutnya celup-celup sebentar dalam air sabun dan bisa kamu bilas hingga bersih.
 

source: http://id.pinterest.com



 

5. Hindari Mengucek

Cara mencuci hijab berikutnya yang sebaiknya kamu hindari adalah menguceknya. Kecuali ada noda yang ingin dihilangkan, kamu bisa sedikit menguceknya dengan lembut tentunya. Jika hijab tidak terlalu kotor, hindari untuk mengucek hijab.

Selain itu, jangan memeras terlalu keras agar tidak merusak serat atau membuat hijab kusut. Terlebih jika hijab kamu memiliki payet atau pet, sebaiknya tidak diperas agar payet tidak rusak dan bentuk pet tidak berubah.
 

source: http://www.molto.co.id/



 

6. Hindari Jepitan Jemuran dan Paparan Sinar Matahari Langsung

Saat menjemur, sebaiknya hindari menggunakan jepitan jemuran karena hal ini bisa juga merusak bahan hijab saat kering nanti. Cukup gantungkan di hanger yang berbahan plastik. Selain itu, jemurlah hijab di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.
 

source: https://behijab.com/