1. Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari ternyata juga berpengaruh buruk terhadap kulit bibir. Jadi, tidak hanya tidak baik bagi kulit tubuh saja lho, Beautynesian. Oleh karena itu sangat penting untuk mengaplikasikan lip balm yang mengandung SPF tinggi (lebih dari SPF 20) jika kamu beraktivitas di luar ruangan. Selain agar bibir tidak kering, hal ini juga akan mencegah bibir kamu terpapar sinar matahari secara langsung. 

 

source: https://www.avoskinbeauty.com


 

baca juga

2. Lipstik

Kok bisa sih lipstick menjadi salah satu penyebab bibir hitam? Ya, hal ini terjadi jika kamu tidak membersihkan sisa lipstick dengan baik. Sisa lipstik tersebut bisa menjadi salah satu penyebab bibir hitam. Misalnya nih saat kamu mau tidur dan tidak membersihkan bibir dari sisa lipstick. Selain itu, jika kamu memiliki kulit bibir yang sangat sensitif, memakai lipstik justru dapat menyebabkan bibir menjadi hitam. Hal ini terjad karena beberapa kandungan dalam lipstik jika digunakan dalam waktu lama tidak cocok di bibir yang sensitif. 

 

source: http://rockingmama.id


 

3. Sering Menggigit Bibir

Selain membuat bibir menjadi kering, ternyata nih sering menggigit bibir juga bisa menjadi penyebab bibir hitam. Menggigit bibir biasanya dibarengi dengan menjilati bibir justru akan membuat bibir kering dan kehilangan kelembapan alaminya. Jika hal ini terjadi, maka bibir akan pecah-pecah dan menjadi hitam.



 

source: https://www.vemale.com


 

baca juga

4. Kafein

Kamu adalah pecinta kopi atau teh? Hati-hati ya, Beautynesian! Mengkonsumsi kopi atau teh lebih dari 2 cangkir sehari juga bisa menjadi penyebab bibir hitam lho!  Sebaiknya batasi kebiasaan minum kopi kamu. Coba kurangi frekuensinya, sehingga bisa menghilangkan atau mengatasi warna gelap atau hitam di bibir kamu. Selain itu perbanyak saja konsumsi air putih untuk menghidrasi kulit, terutama kulit bibir agar bibir perlahan bisa berwarna cerah kembali. 

 

source: http://wisatakulinerku.com


 

5. Obat-obatan Tertentu

Mungkin kamu juga tidak akan menduga bahwa obat-obatan tertentu bisa menjadi salah satu penyebab bibir hitam. Kamu bisa memperhatikan, misalnya seseorang yang mengkonsumsi obat kanker, obat malaria, antidepresan, hydroquinone pada pemutih kulit, anti psikotik, dll. Semua obat-obat tersebut dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit dan bibir.