Pentingnya Membersihkan Brush Make Up

Brush make up adalah alat bantu yang sangat penting untuk mengaplikasikan penggunaan make up pada wajah. Namun, tidak jarang brush make up menjadi salah satu hal yang terlupakan untuk dirawat dan diperhatikan. Padahal ada beberapa fakta mengejutkan tentang brush make up, lho!

  1. Bahaya partikel make up yang kadaluarsa. Hal yang satu ini seringkali diacuhkan oleh para wanita. Brush make up yang tidak pernah dibersihkan memiliki banyak partikel make up yang mungkin sudah lama dan kadaluarsa. Partikel ini sangat berbahaya jika terserap pada pori-pori kulit. Bahkan, ada kemungkinan partikel itu membusuk dan menimbulkan bau tidak sedap.
  2. Minyak pada kulit wajah yang terserap pada brush. Minyak pada kulit wajah juga dapat menempel dan terserap pada brush make up. Hal ini sering membuat pemakaian make up menjadi tidak maksimal.
  3. Debu dan kotoran yang menumpuk. Hal ini tentu dapat membuat wajah kamu menjadi mudah kotor dan bahkan memicu timbulnya jerawat pada wajah.
source: http://lifestyle.liputan6.com

Karena itu, kamu wajib untuk mengetahui cara dan tips mudah membersihkan brush make up dengan benar!

 

baca juga

Things That You Need to Prepare

Nah, untuk membersihkan brush make up, kamu akan dihadapkan pada dua pilihan. Yaitu membersihkan dengan mudah dan cepat dengan menggunakan produk pembersih brush yang dijual di pasaran atau membersihkan dengan cara manual di rumah.

Jika kamu ingin menggunakan pembersih yang dibeli di toko, kamu hanya perlu mencari penjual pembersih brush yang terdekat karena masih belum banyak penjual yang menawarkan pembersih make up. Untuk lebih mudahnya, kamu lebih baik mencari produk seperti ini di toko online.

source: https://www.cleanipedia.com
Kalau kamu memutuskan untuk membersihkannya dengan barang-barang yang ada di rumah juga tidak masalah. Kamu hanya memerlukan air bersih dan pembersih yang dapat menghilangkan minyak seperti sabun cuci piring atau sampo bayi. Hindari menggunakan sampo orang dewasa karena kandungan bahan kimia yang banyak cenderung akan merusak struktur bulu pada brush.

 

Langkah Membersihkan Brush Make Up dengan Pembersih Rumah

Jika kamu membeli pembersih make up di toko, kamu dapat mengikuti langkah membersihkan make up pada kemasannya. Namun, jika kamu memutuskan untuk menggunakan bahan pembersih sendiri di rumah, ikutilah langkah berikut ini:
  1. Siapkan sampo bayi atau sabun pencuci piring, tuangkan secukupnya pada telapak tangan.
  2. Putar-putar bagian brush pada pembersih di tanganmu. Pastikan seluruh bagian yang kotor terkena pembersih dengan merata.
  3. Bilas bagian yang sudah diberikan pembersih, aliri air hingga air yang mengalir tidak lagi keruh. Itu artinya brush kamu sudah bersih.
  4. Untuk melembutkan bulu-bulu pada brush, ulangi langkah proses pembersihan brush 1-3 dengan menggunakan kondisioner.
  5. Setelah bersih, peras bulu-bulu para brush menggunakan kertas tisu atau handuk.
  6. Keringkan, dan pastikan kamu membentuk brush seperti aslinya.


 

baca juga

Tips Membersihkan Brush Make Up

  1. Hindari gagang brush yang terkena air, pastikan air hanya dialirkan pada bagian bulu karena akan membuat lem pada gagang merenggang.
  2. Untuk brush make up berbulu, bersihkan secara rutin minimal seminggu dua kali.
  3. Untuk beauty blender atau brush yang biasa digunakan untuk mengaplikasikan foundation atau make up liquid lainnya, pastikan kamu membersihkannya setiap selesai digunakan.
source: https://kawaiibeautyjapan.com

Nah, itulah beberapa informasi, tips, serta langkah tepat membersihkan brush make up dengan benar. Semoga bermanfaat, ya!