Terlihat Seperti Aslinya!

Plastic Food Sample atau Sampuru dibuat untuk mewakili menu makanan aslinya. Warna, bentuk, dan tekstur dibuat sangat mirip dengan makanan aslinya. Sampuru sendiri pada dasarnya dibuat sebagai alat bantu untuk menunjukkan pada konsumen bagaimana bentuk dan ukuran asli makanan yang akan dipesan di restoran.
source: http://www.tofugu.com/2014/05/15/japanese-food-models-yesterday-and-today/
source: http://www.dannychoo.com/en/post/26635/Japan+Plastic+Food.html

Berawal dari Restoran Departemen Store

Pasca masa Perang Dunia ke-2, seiring dengan bangkitnya perekonomian Jepang secara perlahan masyarakat Jepang mulai mengikuti kebiasaan orang barat untuk makan di luar rumah. Masyarakat Jepang akhirnya mulai banyak makan di kafetaria yang terletak di lantai teratas Departemen Store yang juga mulai menjamur dimana-mana. Awalnya, kafetaria dan restoran tersebut memajang makanan asli untuk mempermudah konsumen memilih makanan yang dipesan. Namun, tentu saja makanan asli akan lama-kelamaan akan berubah layu dan kadaluarsa.
source: http://www.amusingplanet.com/2015/01/realistic-looking-plastic-food-in.html
source: http://www.odditycentral.com/pics/japans-mouth-watering-plastic-food-displays.html

Kisah Sukses yang Diawali dengan Sedih

Pembuatan Sampuru diawali oleh kisah Takizo Iwasaki yang pada saat diberhentikan dari pekerjaannya kebingungan membayar tagihan listrik dan membiayai pengobatan istrinya yang sedang jatuh sakit. Dalam kebingungannya, aliran listrik ke rumahnya diputus, dan Iwasaki terpaksa menggunakan lilin di malam hari untuk menerangi rumahnya. Dalam keputus-asaannya, Iwasaki memperhatikan tetsan lilin yang jatuh ke jarinya dan sidik jarinya yang tercetak sempurna di tetesan tersebut. Iwasaki meneteskan lilin tersebut ke tikar tatami dan mendapat inspirasi untuk mencetak benda-benda lainnya. Salah seorang kawan Iwasaki yang memiliki usaha kafetaria mengeluhkan mahalnya biaya untuk memajang makanan asli yang setiap sekian jam sekali harus diganti dengan yang baru. Iwasaki lalu mencoba membuat replika makanan berbahan wax atau lilin sebagai pengganti makanan pajangan asli. Makanan pertama yang dibuat replikanya oleh Iwasaki adalah omelet nasi, dan hasilnya masih dipajang di pabrik Sampuru milik Iwasaki.
source: http://www.ganso-sample.com/en/about/history.html
source: http://www.ganso-sample.com/en/about/history.html

Kerennya Pembuatan Plastic Food Sample

Dulu Sampuru dibuat dari bahan wax atau lilin, namun saat ini Sampuru dibuat menggunakan plastik yang dibentuk dengan cetakan silikon. Jika ingin tahu bagaimana Sampuru dibuat, Minasan bisa intip video berikut ini:
source: http://www.tofugu.com/2014/05/15/japanese-food-models-yesterday-and-today/

Suvenir Unik

Kalau Minasan sedang mengunjungi Jepang dan tertarik untuk melihat Sampuru dari dekat, Minasan bisa berjalan-jalan di sekitar Kappabashi yang terkenal dengan toko-toko yang menyediakan peralatan memasak. Beberapa toko sampuru di Kappabashi menyediakan suvenir-suvenir Sampuru seperti gantungan kunci atau magnet kulkas yang bisa Minasan beli sebagai oleh-oleh. Berikut ini beberapa link toko Sampuru jika Minasan memilih untuk belanja online.
source: http://www.tofugu.com/2014/05/15/japanese-food-models-yesterday-and-today/
source: http://www.dannychoo.com/en/post/26635/Japan+Plastic+Food.html

Maizuru
URL:   http://www.maiduru.co.jp/

source: http://www.ganso-sample.com/en/shop/makuhari.html

Ganso-Sample
URL:   http://www.ganso-sample.com/