Membersihkan brush makeup merupakan hal yang wajib dilakukan, terutama jika kamu adalah tipe wanita yang memakai make up setiap hari. Penggunaan brush yang kotor, terutama untuk make up berbentuk cair seperti foundation, bisa menjadi bumerang bagi dirimu sendiri lho, Ladies. Pertama, brush makeup yang kotor bisa memicu reaksi pada kulit, seperti jerawat ataupun iritasi. Kedua, penggunaan brush makeup kotor tentunya akan mengurangi kemampuan dalam memoles make up, dan malah bisa menjadikan make up-mu terlihat cakey


Seberapa Sering Brush Makeup Sebaiknya Dicuci?


Dengan berbagai konsekuensi pemakaian brush yang kotor, pertanyaan ini bisa jadi merupakan pertanyaan penting. Mencuci brush makeup setiap hari rasanya terlalu merepotkan ya, Beautynesian. Tenang saja, kamu tidak perlu mencuci brush setiap setelah pemakaian kok! Beberapa make up artist, seperti Allie Clark dan Kayleen McAdams, menyarankan brush makeup pribadi untuk dicuci secara menyeluruh minimal setiap 1 hingga 2 minggu sekali. Alternatif lain, kamu juga bisa menggunakan spray pembersih brush setiap hari setelah pemakaian, dan kemudian bersihkan dengan sabun dan air setelah 1 hingga 2 minggu pemakaian.

Lain lagi jika kamu merupakan seorang makeup artist nih, Ladies. Brush yang digunakan untuk merias klien wajib dicuci secara menyeluruh setiap setelah penggunaan, agar bakteri dan kotoran tidak berpindah dan menumpuk.
 

source: https://www.pexels.com/



Segera Cuci Brush-mu Jika Sudah Seperti Ini!


Walaupun dianjurkan mencuci brush dalam hitungan minggu, tapi tidak menutup kemungkinan suatu saat kamu perlu mencuci brush lebih sering lho! Jika brush makeup-mu sudah mengalami ciri berikut, sebaiknya segera bersihkan secara menyeluruh dengan sabun dan air!

  • Brush terasa kasar dan tidak lembut
  • Brush sulit digunakan untuk blending make up
  • Make up di wajah terlihat cakey setelah di-blend menggunakan brush
     
source: https://www.pexels.com/
baca juga

Setelah dicuci dengan bersih, perhatikan cara mengeringkannya! Usahakan brush makeup dalam keadaan dengan bulu di bawah agar air tak masuk ke dalam gagang dan membuatnya mudah rapuh!

source: https://www.shutterstock.com

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan brush makeup-mu ya, Ladies!