1. Jerawat biasa

Jenis jerawat yang pertama ini adalah jerawat yang pasti pernah dialami oleh sebagai besar orang. Ciri-cirinya mudah dikenali, yaitu berbentuk kecil dengan warna kemerahan. Biasanya jerawat ini hanya muncul satu dan bertahan hanya dalam beberapa hari sebelum pecah. Jerawat ini disebabkan oleh tersumpatnya pori-pori dan infeksi dari bakteri propioni bacterium acne.

source: http://www.makincerdas.com

Cara Mengatasi

Untuk mengatasi jerawat seperti ini dengan cepat, kamu dapat menggunakan pasti gigi. Kandungan fluroide pada pasta gigi bermanfaat untuk mengurangi bengkak serta warna kemerahan pada jerawat. Kemudian, untuk menghilangkan bekasnya, gunakanlah tomat atau lemon sebagai masker secara rutin.

 

baca juga

2. Jerawat Juvenil

Jerawat juvenil adalah jerawat yang timbul pada periode pubertas, yaitu sekitar umur 14-20 tahun. Jerawat jenis ini muncul disebabkan masalah hormonal yang masih mengalami perubahan dan belum stabil dalam memproduksi sebum, atau kelenjar minyak.

source: http://lampung.tribunnews.com

Cara Mengatasi

Jangan gunakan obat jerawat atau skincare untuk mengatasi jerawat ini. Penyebab hormonal tidak akan membuat jerawat juvenil bertambah banya. Sebaliknya, gunakanlah sabun cuci muka dengan PH seimbang, seperti sabun bayi atau lebih baik lagi jika kamu melakukan perawatan alami seperti membuat masker dari buah-buahan.

 

3. Jerawat Batu

Selanjutnya, jenis jerawat yang juga banyak dialami adalah jerawat batu (Cystic Acne). Jerawat ini memiliki ciri-ciri ukuran yang lebih besar dibandingkan jerawat biasa. Warnanya lebih merah dan meradang. Seringkali timbul bergerumul pada bagian tertentu seperti pipi, dagu, dahi, atau sisi rahang. Jika dibiarkan, jerawat batu akan meninggalkn bekas bopeng yang sulit dihilangkan.

source: http://www.ilmusiana.com

Jerawat jenis ini muncul karena jumlah kelenjar minyak pada kulit yang terlalu banyak sehingga memicu pertumbuhan sel yang tidak normal. Jika kamu memiliki jerawat batu, segera lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kulit untuk tindakan lebih lanjut.

 

baca juga

4. Jerawat Vulgaris

Jerawat vulgaris adalah jenis jerawat yang timbul dengan munculnya erupsi komedo terbuka dan komedo tertutup ataupun jerawat yang ditandai dengan munculnya sisik serta warna kemerahan. Jerawat ini dapat muncul pada periode remaja dan dapat berlanjut hingga dewasa. Penyebab timbulnya jerawat vulgaris dapat disebabkan karena kelebihan jumlah kelenjar minyak, perubahan hormonal, dan kesalahan penggunaan produk kosmetik.

source: http://leksbook.blogspot.com

Cara Mengatasi

Untuk mengobatinya, kamu perlu menggunakan cara untuk menghilangkan bakteri, mengendalikan produksi minyak berlebih pada kulit wajah, dan meningkatkan produksi sel kulit baru untuk mengganti sel kulit mati. Meskipun dapat sembuh dengan sendirinya, kamu tetap perlu untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapat tindakan yang tepat.


 

5. Jerawat Rosacea

Terakhir, jerawat yang satu ini biasanya muncul pada kulit wajah wanita yang berusia sekitar 30-50 tahun. Jerawat ini muncul dengan timbulnya kemerahan yang dapat memicu peradangan hingga akhirnya mengakibatkan munculnya sisik pada area lipatan hidung.

Cara Mengatasi

Jerawat jenis ini dapat dikategorikan jerawat yang cukup parah sehingga membutuhkan perawatan dan pengawasan khusus dari dokter kulit. Pengobatan yang akan dilakukan biasanya berupa penguapan, kompres dengan menggunakan air panas, dan dengan melakukan penyinaran sinar infrared untuk mengeringkan jerawat.

source: http://www.creamspecialasli.com

Nah, itulah lima jenis jerawat yang perlu kamu ketahui. Waspadalah dalam menangani masalah kulit wajah agar tidak menyesal nantinya. Semoga bermanfaat, ya!