Ciri-ciri Es Batu Air Mentah

Lebih waspada dalam membeli minuman di warung atau penjual pinggir jalan adalah hal yang penting. Salah satunya adalah dengan mengamati es batu yang digunakan, apakah menggunakan air matang atau mentah. Berikut ciri-ciri es batu air mentah yang wajib kamu tahu:

  1. Es batu yang terbuat dari air mentah memiliki banyak gumpalan putih pada bagian tengah es. Gumpalan ini disebabkan masih banyaknya gas yang terkandung dalam air mentah sehingga ikut membeku saat didinginkan.
  2. Biasanya, es batu yang terbuat dari air mentah memiliki bentuk awal balok-balok besar. Jika kalian menemui warung atau penjual minuman yang sering membawa balok es besar, waspadalah karena kemungkinan besar es batu yang digunakan terbuat dari air mentah.
  3. Memiliki aroma yang kuat dan terasa tidak segar. Berbeda dengan air matang yang terhirup seperti bau air biasa.
  4. Terdapat kotoran atau pasir-pasir di dalam balok-balok esnya.
  5. Bila dicicipi saat masih beku atau mencair, akan terasa pahit, berbeda dengan air matang.
source: https://food.idntimes.com


 

<baca juga>

Ciri-ciri Es Batu Air Matang

Berbeda dengan es batu air mentah, berikut adalah ciri-ciri es batu yang terbuat dari air matang :

  1. Es batu air matang akan terlihat bening tanpa ada gumpalan putih pada bagian tengah es. Hal ini disebabkan proses perebusan air yang dilakukan membuat gas-gas dalam air menguap sehingga sedikit atau bahkan tidak ada gas yang tersisa.
  2. Biasanya disiapkan dalam plastik atau kotak-kotak kecil.
  3. Aroma yang tercium adalah aroma segar air.
  4. Bening dan tidak ada kotoran ataupun debu dalam es.
  5. Bila dimakan atau dicairkan, terasa seperti air minum biasa.
source: http://halosehat.com
source: http://www.hipwee.com

Nah, itulah ciri-ciri es batu yang menggunakan air mentah dan air matang. Mengingat banyaknya bakteri dan kuman yang terdapat pada air mentah, kamu perlu waspada saat akan membeli minuman yang menggunakan es di pinggir jalan. Semoga bermanfaat, ya!