Tren pakaian musim gugur tahun ini banyak dipenuhi dengan baju bahan velvet atau beludru. Bahan velvet ini sendiri unik lho, Ladies. Dibandingkan dengan kain biasa seperti katun ataupun bahan kaos, kain velvet memiliki bulu yang terasa lembut dan halus. Karakteristik ini menjadikan bahan velvet lebih elegan dan terkesan mewah.
 

source: https://www.alibaba.com/




Apa Bedanya Kain Velvet dengan Kain Biasa?


Kain velvet inipun memiliki beberapa karakteristik khusus, seperti:

  • Memiliki tekstur lembut dan berbulu.
  • Merupakan jenis kain yang tahan lama.
  • Belundru sutra (silk velvet) cenderung lebih lembut dan ringan dibandingkan dengan sintetis velvet (terbuat dari rayon dan asetat) yang lebih kaku.
  • Permukaan kain ini cenderung terlihat berkilau.
     
source: https://id.pinterest.com/
baca juga




Ini Tips Perawatan Khususnya!


Mulai dari dress, rok, hingga berbagai model atasan, kain velvet ini cocok dipakai dan cukup universal. Tapi dengan karakteristik khasnya, kain ini membutuhkan beberapa perhatian khusus yang sedikit tricky nih dalam perawatannya. Apa sajakah itu?


Bersihkan dengan Dry Cleaning atau Mesin Cuci

Cara membersihkan bahan velvet ini adalah dengan melakukan dry cleaning, terutama apabila bajumu terbuat dari velvet yang bagus. Beberapa jenis velvet pun bisa dicuci dengan mesin cuci dan air dingin. Agar lebih yakin, kamu cek petunjuk pencucian pada label pakaianmu ya!


Tidak Perlu Disetrika

Jika biasanya baju perlu disetrika untuk menghilangkan kusut, maka baju bahan velvet ini tidak perlu kamu setrika. Panas dari setrika bisa merusak permukaan kain dan meninggalkan bekas. Untuk menghilangkan kusut dan lecek pada kain velvet, kamu bisa membalik baju dan menggunakan steamer.


Simpan dengan Cara Digantung

Jangan kamu coba-coba melipat baju bahan velvet ya, Ladies! Kain velvet yang ditumpuk dan dilipat  bisa merusak dan membuat bulu pada permukaannya menjadi rata. Simpan baju velvetmu dengan cara digantung di dalam lemari.
 

source: https://id.pinterest.com/