Flek Hitam, Apa Itu?


Secara sederhana, flek hitam atau hiperpigmentasi muncul apabila sel kulit memproduksi banyak melanin yang berkumpul di permukaan kulit, menimbulkan warna yang lebih gelap dan tidak merata. Melanin adalah pigmen warna yang memberi warna pada kulit manusia. Semakin gelap warna kulit seseorang, semakin rentan mereka terhadap hiperpigmentasi. Namun pada kenyataannya, hiperpigmentasi dapat dialami oleh siapa saja.
 
source: http://www.stylecraze.com



Sinar Matahari


Paparan sinar matahari secara terus menerus, tanpa perlindungan dari tabir surya turut berkontribusi menyebabkan flek hitam. Paparan sinar matahari memicu produksi melanin pada kulit secara tidak merata, dan penumpukan menyebabkan flek hitam pada permukaan kulit. Inilah alasan mengapa flek hitam seringkali muncul pada bagian kulit yang selalu terpapar sinar matahari, seperti wajah dan lengan.

 

source: http://www.picquery.com
baca juga



Produk Skin Care


Produk skin care yang terlampau 'keras' juga berisiko menjadi penyebab flek hitam di wajah. Perhatikan produk-produk skin care yang membuat kulit menjadi kemerahan, karena hal itu dapat menjadi pertanda resiko flek hitam. Kulit kemerahan adalah tanda iritasi, dan ada kemungkinan sel kulitmu memproduksi melanin sebagai respon.
 

source: https://www.youtube.com/watch?v=3MtOCdXW5ws



Mengusik Bekas Luka


Memencet jerawat, serta mengganggu bekas jerawat dan bekas luka yang sedang dalam proses penyembuhan dapat menimbulkan flek hitam, lho. Percaya atau tidak, salah satu reaksi tubuh kita terhadap luka adalah dengan memproduksi melanin secara berlebihan, mengakibatkan flek hitam di wajah.
 

source: http://howtogetridofredacnemarks.blogspot.co.id/
baca juga



Atasi Dengan Chemical Peeling atau Laser


Beragam produk perawatan kulit di pasaran menjanjikan kulit bebas flek hitam, namun tak semuanya efektif menghilangkan flek hitam. Sebagian hanya mampu memudarkan flek hitam hingga tahapan tertentu. Menurut Dr. Dennis Gross, dermatologi sekaligus pemilik brand Dr. Dennis Gross Skincare, flek hitam dapat diatasi dengan chemical peeling maupun terapi laser. Agar tak salah langkah, pilih klinik kecantikan yang ditangani oleh dermatolog berpengalaman.

Baca: Benarkah Metode Laser Sangat Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat?
 

source: http://www.laseradvantageofec.com



Jangan Lupa Sunscreen!


Karena mampu melindungi kulit saat terpapar sinar matahari, tentu penggunaan tabir surya secara rutin efektif untuk mencegah timbulnya flek hitam yang disebabkan oleh sinar matahari. Bekas jerawat dan bekas luka yang rentan berubah menjadi flek hitam turut terlindungi oleh tabir surya. Selalu gunakan sunscreen, dan jangan lupa aplikasikan kembali setelah 2 jam terpapar sinar matahari.
 

source: http://www.acupofkarachi.com