Sebelum melakukan perawatan, kamu juga sebaiknya mengenali terlebih dulu apa saja penyebab yang mungkin membuat bibir berwarna hitam. Bagi sebagian orang, bibir hitam mungkin identik dengan perokok, karena memang kandungan nikotin dalam rokok akan membuat bibir menjadi hitam.

Tapi ternyata masih banyak penyebab lainnya seperti kebiasaan minum kopi, penggunaan kosmetik atau obat yang tidak cocok, bahkan hingga faktor keturunan bisa jadi menjadi penyebab bibir kamu jadi berwarna hitam. Daripada kamu pusing memikirkan untuk memerahkan bibir, lebih baik simak tips perawatan untuk bibir hitam ini yuk!



Jaga Asupan Air dalam Tubuh


Hal pertama yang harus kamu perhatikan untuk kesehatan bibir adalah jangan biarkan bibir kamu kering. Kamu harus tetap menjaga asupan air dalam tubuh dengan cara minum air yang cukup setiap harinya. Sudah tahu kan kalau kebutuhan air manusia umumnya adalah 8 gelas per hari? Selain minum air, mengonsumsi buah-buahan juga dapat membantu menjaga asupan air dalam tubuh kamu. 

source: https://procheerlife.mykajabi.com
baca juga



Pilih Produk Berbahan Alami


Baik produk kosmetik ataupun produk perawatan bibir tentunya banyak yang mengandung bahan kimia. Selain berbahaya, penggunaan bahan kimia yang tidak cocok akan membuat warna bibir kamu semakin hitam dan terlihat semakin tidak sehat. Kamu lebih baik memilih produk-produk berbahan alami agar lebih aman. Jangan lupa juga selalu perhatikan tanggal expired produk yang kamu pakai ya, ladies!

source: http://www.goodmorningcenter.com



Scrub Gula


Beberapa dari kamu mungkin sudah tahu bahwa banyak produk perawatan bibir banyak yang menggunakan bahan dasar gula. Hal ini dikarenakan gula memang berkhasiat untuk mengangkat sel kulit mati di bibir. Kamu juga bisa membuat scrub sendiri di rumah dengan mencampurkan gula dengan mentega atau dengan olive oil. Dijamin deh, bibir kamu akan terlihat lebih sehat!

source: https://www.beautylish.com
baca juga



Almond Oil


Almond oil ternyata juga bisa menjadi salah satu pilihan bahan perawatan untuk bibir hitam lho, ladies. Minyak yang satu ini dapat membantu mengurangi garis-garis halus di bibir sehingga bibir kamu lebih lembut. Khasiat lainnya tetu saja untuk memcegah bibir kering dan mempercerah warna bibirmu. Sebelum mengoleskannya ke bibir, kamu bisa mencampurkan dengan madu.

source: http://www.stylecraze.com