Sadari Kondisi Kandunganmu

Pada dasarnya, tidak ada larangan khusus bagi seorang ibu hamil untuk melaksanakan ibadah umroh. Akan tetapi, risiko kesehatan sering menjadi fokus bagi ibu hamil yang akan pergi umroh. Menyadari kondisi kandungan adalah hal utama yang perlu dilakukan oleh seorang wanita yang sedang mengandung.

source: http://quintsofislam.blogspot.com

Jika usia kandungan masih berada pada trimester pertama, yaitu 0-3 bulan, seorang wanita cenderung sering mengalami gangguan seperti mual, muntah, lemah, hingga sakit kepala. Pertimbangkan risiko yang mungkin terjadi saat kamu sedang mengalami fase itu. Daripada harus beristirahat di hotel, lebih baik kamu mengundur keberangkatan umrohmu.

Pada usia kehamilan yang sudah memasuki trimester kedua, yaitu 3-6 bulan, hampir semua gangguan sudah mulai berkurang dan hilang. Saat ini seorang ibu hamil memiliki kemungkinan lebih besar untuk melaksanakan ibadah umroh. Namun, jika kamu memiliki masalah kesehatan, lebih baik untuk beristirahat di rumah. 

Terakhir, pada trimester ketiga, seorang ibu hamil sebaiknya fokus untuk mempersiapkan kelahiran. Usia kehamilan yang sudah mulai tua memang cenderung kuat. Akan tetapi, kamu akan lebih mudah lelah saat harus banyak beraktivitas di luar ruangan.

 

Persiapan Sebelum Keberangkatan Umroh

Nah, jika kamu memutuskan untuk umroh, kamu perlu untuk memperhatikan beberapa hal agar mengantisipasi segala kesulitan yang mungkin akan dihadapi. Nah, berikut adalah beberapa hal penting terkait persiapan keberangkatan umroh untuk ibu hamil yang harus kamu cermati!

baca juga
Konsultasikan kondisi kandunganmu pada dokter atau bidan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa kondisi kesehatan serta kandunganmu ke dokter atau bidan. Pastikan kamu sudah mengetahui dengan lengkap kondisi kandunganmu sebelum melakukan ibadah umroh. Pastikan kamu juga menerima resep dokter untuk obat dan multivitamin yang aman untuk kandunganmu. Selain itu, jangan lupa untuk meminta fotokopi rekam medis resmi dari dokter.
source: https://www.youtube.com


 

Konsumsi makanan yang bergizi serta air yang cukup

Hal ini sebenarnya penting untuk seluruh calon jamaah umroh. Namun, khusus bagi ibu hamil, kamu perlu memastikan makanan yang kamu konsumsi benar-benar bergizi dan cukup untuk memenuhi kebutuhan energi selama beribadah di tanah suci. Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup agar tidak mudah dehidrasi. Ingat, ibu hami wajib banyak minum air!

source: https://www.tripadvisor.com


 

baca juga
Cermati travel umroh yang akan kamu pilih

Pastikan travel umroh yang akan membawa kamu pergi melaksanakan ibadah umroh adalah travel yang terpercaya. Mungkin kamu sudah mendengar kabar tak sedap dari dunia biro perjalanan umroh yakni First Travel. Kamu dapat memetik pembelajaran dari First Travel ini, bahwa pentingnya tak boleh sembarangan memilih biro perjalanan.

Setelah itu, konsultasikan kondisi kehamilanmu pada pihak travel. Tanyakan dengan rinci mengenai jarak hotel dan Masjidil Haram, makanan yang disediakan, fasilitas yang diberikan, hingga kursi pesawat yang nyaman. Pastikan semuanya memudahkan kamu untuk beraktivitas dan beribadah saat sedang hamil. 
source: http://www.worldbulletin.net


 

Berusahalah senyaman mungkin saat perjalanan

Pastikan semua kebutuhanmu terpenuhi dengan baik. Bawalah bantal untuk duduk, bantal leher, serta gunakan pakaian yang nyaman untuk digunakan saat harus melakukan perjalanan panjang. Perhatikan juga sepatu dan sandal yang akan kamu gunakan. Pastikan alas kaki yang kamu pilih nyaman untuk digunakan. 

 

source: http://www.berhaji.com


 

Hal yang perlu diperhatikan saat di tanah suci

Ibadah yang perlu diwaspadai oleh ibu hamil saat umroh adalah sa'i dan tawaf. Saat melakukan kedua ibadah itu, ada risiko terhimpit ribuan jamaah lain. Begitu pula saat akan melakukan lempar jumrah. Seorang ibu hamil perlu mengeluarkan energi yang lebih besar untuk itu. Karena itu, penting bagi ibu hamil untuk selalu ditemani oleh suami atau mahram laki-laki yang memiliki tenaga cukup untuk menjaga dan melindunginya. 

source: https://www.pinterest.com

Nah, itulah beberapa tips umroh untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat, ya!