Persiapan Ruhani Sebelum Berangkat Umroh

Tips umroh yang pertama, sebelum berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah umroh, penting untuk kamu sebagai calon jamaah untuk melakukan beragam persiapan terkait dengan ibadah yang akan kamu laksanakan nanti. Hal utama yang harus diperhatikan adalah persiapan ruhani. Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk memaksimalkan ruhiyahmu sebelum bertamu ke rumah Allah di tanah suci.
 

source: https://www.pinterest.com/pin/502784745890248087/


 

Luruskan niat ibadah karena Allah ta'ala.

Saat akan berangkat ke tanah suci, hal pertama yang perlu kamu evaluasi adalah niat untuk beribadah yang tulus dan ikhlas karena Allah. Niat adalah hal utama dalam mengerjakan sebuah amalan kebaikan. Karena itu, pastikan niatmu lurus dan bukan untuk pamer atau riya semata.
 

source: https://www.pinterest.com/pin/469359592398924026/


 

baca juga

Taubat dan memohon ampun atas kesalahan dan dosa

Sebelum tiba di tanah suci, pastikan kamu sudah membersihkan hati dan pikiran dari segala hal yang berkaitan dengan dunia. Mohonlah ampun atas segala kelalaian selama hidup. Mintalah maaf kepada orang-orang terdekat agar kamu berangkat dalam keadaan tenang tanpa masalah dengan orang sedikitpun.
 

source: https://www.youtube.com/watch?v=UXv-a9dj4aM


 

Pelajari lagi hukum-hukum tentang beribadah

Saat melakukan umroh, kamu akan melaksanakan ibadah sepanjang perjalanan mulai dari kamu tiba di tanah suci. Pastikan kamu sudah memahami betul semua hukum dan rukun dalam beribadah, khususnya untuk beberapa amalan yang jarang dilakukan seperti, sholat dalam perjalanan, tayamum, dan membiasakan diri untuk melakukan amalan-amalan sunnah.
 

source: https://www.pinterest.com/pin/Afv9rxmYqNJNlLQTFlSTXNejqpvCasoXIXM06ArQ6MdAOi2SrfZk14o/


 

baca juga

Bersihkan harta dari hal-hal yang haram

Setelah meluruskan niat, membersihkan hati, kamu juga perlu menjaga kehidupanmu dari hal-hal yang diridhoi dan direstui Allah. Lunasi hutang, kembalikan barang pinjaman, serta pastikan kamu menggunakan uang halal untuk melakukan perjalanan umroh.
 

source: https://konsultasisyariah.com/29450-dilarang-sedekah-jika-utang-belum-lunas.html


 

Persiapan Fisik Sebelum Berangkat Umroh

Melakukan ibadah umroh di tanah suci bukanlah hal yang mudah. Selain membutuhkan niat dan keikhlasan yang tulus, kamu juga perlu mempersiapkan kesehatan mental dan fisik untuk dapat melakukan serangkaian ibadah dengan lancar tanpa ada hambatan. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan siap beribadah di tanah suci.
 

Rutinlah berolahraga

Sebelum berangkat ke tanah suci, lakukanlah olahraga dengan rutin. Tidak perlu berlebihan, cukup dengan menjadwalkan waktu untuk jogging atau jalan pagi dan sore setiap harinya. Hal ini sangat penting untuk menjaga kebugaran selama beribadah di tanah suci.
 

source: http://www.dailymotion.com/video/x2dzwx2


 

Konsumsi makanan dengan gizi seimbang serta multivitamin

Selain meningkatkan kebugaran dengan berolahraga, kamu juga perlu memperhatikan setiap asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Pastikan gizi serta nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhmu terpenuhi dengan baik.

source: https://www.pinterest.co.uk/anuradhagopinat/food/


 

Konsultasikan kondisi kesehatanmu pada dokter

Jika kamu memiliki riwayat penyakit yang berbahaya, kunjungilah dokter untuk berkonsultasi seputar persiapan umroh agar tidak memicu kambuhnya penyakitmu. Bawalah obat-obatan dan vitamin selama umroh agar kamu dapat segera mendapatkan pertolongan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
 

source: http://www.islamicity.org/5725/the-role-of-a-muslim-doctor/


 

Siapkan mental dengan berserah diri pada Allah

Saat akan berangkat umroh, hindari memikirkan hal-hal yang bersifat duniawi. Pecayakan urusan pekerjaan serta kebutuhan anak-anakmu pada orang-orang yang telah kamu titipkan sebagai bentuk ikhtiar. Lalu, serahkan semuanya pada Allah dan fokuslah pada niat ibadah hanya karena Allah ta'ala.

source: https://www.pinterest.com/pin/408209153701212386/


Nah, itulah beberapa hal terkait persiapan ruhani, jasmani, serta mental sebelum melaksanakan ibadah umroh di tanah suci. Selain itu, sebelum berangkat umroh, kamu juga harus memilih travel agent yang terpercaya ya belajar dari kasus First Travel. Semoga bermanfaat, ya!