Pastikan kebutuhan cairan tubuhmu terpenuhi dengan baik

Kondisi cuaca ekstrim di Mekkah sering membuat seorang para jamaah ibadah umroh mengalami dehidrasi, atau kekurangan cairan tubuh. Saat kamu kekurangan cairan, tidak hanya kulitmu yang akan menjadi kering dan kusam, energi serta daya tahan tubuhmu akan semakin berkurang. Karena itu, pastikan kamu selalu mencukup kebutuhan cairan tubuh dengan banyak meminum air putih. Pastikan kamu selalu membawa botol minum saat berada di luar ruangan karena kamu dapat dengan mudah mengisi ulang air minum dengan air zam zam di sana. 

source: https://media.ihram.asia


 

Perhatikan asupan gizi dari makanan yang seimbang

Selain mengonsumsi cukup air minum, kamu juga harus memperhatikan makanan dengan asupan gizi yang seimbang. Jangan lupa untuk terus memastikan asupan karbohidrat dan protein untuk memberikan energi yang cukup saat harus melakukan banyak aktivitas di luar ruangan. Selain itu, konsumsi juga buah dan sayur untuk menjaga metabolisme tubuh tetap terjaga dengan baik.
source: http://www.gulalives.co


 

baca juga

Hindari aktivitas yang tidak penting selama berada di tanah suci

Banyak dari jamaah umroh yang terlena dengan suasana turis saat berada di tanah suci. Hal ini menyebabkan mereka banyak melakukan aktivitas tidak penting seperti berbelanja atau berjalan-jalan pada waktu istirahat. Hindari untuk melakukan hal tersebut karena dapat membuat kamu lebih mudah lelah dan tidak fokus dalam beribadah. Luruskan kembali niatmu saat akan berangkat umroh untuk memenuhi panggilan Allah ta'ala.

source: http://soloposfm.com

Siapkan obat-obatan.

Jika kamu memiliki riwayat penyakit khusus, pastikan kamu membawa serta lengkap semua obat-obatan yang diperlukan. Menjadi lebih waspada tidak akan ada ruginya, kok! Selain itu, bawa pula obat-obatan ringan untuk mengatasi pilek, batuk, atau sakit kepala. 

source: http://banumibraswisata.com

Selain itu, bawa pula masker, kaus kaki, serta kaca mata hitam saat berada di tanah suci. Benda-benda ini akan sangat bermanfaat untuk kamu yang tidak biasa dengan kondisi cuaca dan lingkungan di wilayah timur tengah yang panas, kering, dan berdebu.

 

baca juga

Beristirahatlah dengan cukup

Gunakanlah waktu istirahat untuk benar-benar memulihkan tenagamu. Tidurlah dan lakukan relaksasi setelah melakukan aktivitas ibadah seharian dan bersiap untuk melakukan rangkaian ibadah selanjutnya esok hari.

source: http://umrahexperts.co.uk

Nah, itulah beberapa tips umroh untuk menjaga kesehatan tubuh selama di tanah suci. Luruskan kembali niatmu untuk bertamu ke rumah Allah. Bulatkan juga tekad untuk terus fokus beribadah sehingga setiap langkahmu akan selalu dimudahkan.