Peribahasa “Banyak jalan menuju Roma” sepertinya berlaku juga di dunia kecantikan. Yup, seperti yang kita semua tahu, memang ada banyak cara untuk mengaplikasikan make up pada wajah, baik itu dengan berbagai alat seperti beauty blender, brush make up, silikon, hingga jari. Setiap orang memang punya preferensi pribadi, ada yang lebih suka menggunakan brush makeup, ada juga yang lebih suka menggunakan jari. Pertanyaannya, kira-kira mana yang lebih aman dan higienis untuk digunakan memakai makeup?


Mengaplikasikan Make Up dengan Jari

Menggunakan jari untuk mengaplikasikan make up memang lebih praktis karena kamu tidak perlu membawa puluhan brush atau sponge tambahan. Tapi sayangnya, jari juga identik dengan bakteri dan kuman karena banyak digunakan untuk memegang berbagai benda. Jari kotor yang digunakan untuk mengaplikasikan make up bisa menyebarluaskan bakteri pada permukaan wajah. Bakteri yang kemudian menyumbat pori-pori ini kemudian bisa menyebabkan jerawat.

Tapi, hal ini tidak semata-mata menandakan bahwa jari tidak higienis untuk mengaplikasikan make up ya! Jika kamu menjaga kebersihan tangan dengan mencucinya sebelum kamu memakai make up, boleh kok memakai jari sebagai alat untuk memulas make up.
 

source: http://www.metdaan.com


Lalu, Apakah Menggunakan Brush Lebih Aman?

Jika dengan jari bisa memicu perpindahan dan penyebaran bakteri, bagaimana dengan make up tools lain seperti brush? Jangan mengambil kesimpulan bahwa menggunakan brush bisa lebih baik. Faktanya, brush yang digunakan untuk mengaplikasikan make up cair (seperti foundation dan concealer) juga bisa menarik bakteri, dan tentunya juga berpotensi menyebabkan jerawat pada wajah. Brush makeup yang kotor ini perlu mendapatkan perhatian khusus, yaitu dengan sering dicuci dan dibersihkan agar tidak menjadi sarang bakteri yang memicu jerawat dan iritasi pada kulit.
 

source: https://makeupbysehar.com
baca juga

Pada intinya, setiap alat yang kamu gunakan bisa berpotensi menyebabkan masalah kulit, seperti jerawat, apabila tidak dirawat dan dibersihkan dengan baik. Brush ataupun jari, pastikan kamu tetap menjaga kebersihan agar tetap higienis ya, Ladies!