Bulan madu bisa menjadi agenda romantis kamu dan pasangan setelah menikah. Momen ini juga tentunya perlu direncanakan dengan baik, agar kamu dan pasangan bisa menghabiskan waktu berkualitas bersama setelah menikah. Tapi, apakah honeymoon selalu identik dengan agenda liburan mewah dan mahal? Enggak juga kok! Nah, dengan beberapa tips cermat berikut, kamu dijamin bisa menghemat biaya bulan madu dengan pasangan. Apa saja tipsnya?


Hindari Berangkat Saat Musim Liburan

Jika kamu dan pasangan ingin memotong budget untuk honeymoon, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan tidak berangkat bulan madu saat musim liburan. Pada musim ini (misalnya saat libur hari raya), harga yang dipatok untuk tempat wisata dan akomodasi biasanya menjadi lebih mahal. Tempat wisata pun cenderung lebih ramai dibandingkan hari-hari biasa. Karena itu, kamu dan pasangan bisa memilih waktu honeymoon yang tidak bertepatan dengan musim liburan.
 

source: https://www.pexels.com/


Pilih Lokasi dengan Biaya yang Lebih Hemat

Apabila kamu berencana untuk berbulan madu ke luar negeri, pilih negara dengan harga dan biaya hidup yang lebih rendah. Kamu bisa juga mempertimbangkan nilai tukar mata uang yang lebih kecil sebagai tujuan bulan madu romantis dengan pasangan.
 

source: https://www.pexels.com/
<baca juga>


Coba Alternatif Transportasi Lain

Lokasi bulan madu-mu bisa dicapai dengan kereta dan pesawat? Nah, kamu bisa nih coba menggunakan alternatif kereta dibandingkan pesawat, agar biaya bulan madu bisa lebih hemat. Selain itu, coba bandingkan juga alternatif beberapa pilihan yang lebih murah (misalnya maskapai A dan maskapai B) apabila kamu menginginkan penghematan biaya saat bulan madu.
 

source: https://www.pexels.com/


Pelajari Paket Bulan Madu yang Tersedia

Kamu ingin memilih paket bulan madu yang sudah disediakan oleh pihak tur? Bukan berarti kamu tidak bisa hemat lho ya! Agar penggunaan budget-mu lebih maksimal untuk bulan madu, sebaiknya pertimbangkan setiap harga dan fasilitas dari paket yang didapat. Jika perlu, bandingkan harga paket dengan harga non paket beserta dengan pajak dan biaya-biaya tambahan lain. Dengan begini, kamu akan lebih bijak memilih mana alternatif yang hemat.
 

source: https://www.pexels.com/