Jerawat yang muncul secara tiba-tiba di wajah memang menyebalkan! Eits, tapi pernah enggak sih kamu memperhatikan dengan seksama bagaimana ciri dan waktu jerawatmu muncul? Pasalnya, jerawat sendiri bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor dan penyebab. Jerawatmu pun tentunya akan lebih mudah dikontrol apabila kamu tahu penyebabnya.

Salah satu penyebab umum jerawat yang membandel yaitu fluktuasi atau ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Inilah sebabnya mengapa banyak remaja mengalami masalah jerawat pada kulit. Selain itu, kamu di usia antara 20 hingga 40 tahun yang masih berperang melawan jerawat juga kemungkinan memiliki jerawat hormonal. Apa saja ciri ciri jerawat akibat hormon?


Jerawat Muncul di Sekitar Dagu dan Rahang


Jerawat yang selalu muncul di bagian dahu maupun rahang bisa jadi tanda bahwa hormon lah penyebabnya. Bukan tanpa alasan lho ya. Hormon bisa mempengaruhi produksi minyak berlebih pada kelenjar minyak, dan pada bagian dagu terdapat banyak kelenjar minyak. Selain bagian dagu dan garis rahang, jerawat yang muncul di bagian sisi wajah hingga leher juga patut kamu curigai sebagai jerawat hormonal.

source: http://www.cysticacneonchin.com/


Muncul Sebulan Sekali di Waktu yang Sama

Jerawat yang dipengaruhi oleh hormonal muncul dalam siklus tertentu, yaitu siklus menstruasi wanita. Apabila kamu merasa jerawatmu selalu muncul di saat-saat tertentu menjelang menstruasi, kemungkinan besar kamu mengalami jerawat hormonal. Hal ini disebabkan karena hormon wanita selalu berubah-ubah setiap bulannya. Selain itu, jerawat hormonal juga cenderung muncul di tempat yang sama setiap bulannya, misalnya hanya di daerah pipi atau dagu.
 

source: https://postimg.org/
baca juga


Jerawat Batu

Ciri ciri jerawat akibat hormon selanjutnya yang bisa kamu perhatikan yaitu dari segi jenis. Jerawat hormonal cenderung berbentuk cysts atau jerawat batu, yang berwarna merah dan sakit bahkan ketika tidak disentuh. Jerawat ini juga berisiko untuk meninggalkan bekas apabila meradang atau dipencet secara asal. Jerawat kecil seperti bruntusan pun bisa jadi tanda jerawat hormonal apabila muncul di waktu-waktu yang sama dalam siklus menstruasimu.
 

source: http://www.medicalnewstoday.com/


Bagaimana Mengatasinya?

Jika kamu sudah yakin bahwa jerawatmu dipengaruhi oleh faktor hormonal, maka berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meredakan jerawatmu.
Batasi konsumsi junk food dan makanan-makanan yang bisa memicu inflamasi pada jerawatmu, seperti gula, produk olahan susu, daging merah, dan makanan dengan karbohidrat tinggi.

  • Jaga kebersihan kulit dengan mencuci muka 2 kali sehari
  • Selain menggunakan obar secara topikal (digunakan dari luar tubuh, seperti krim jerawat), coba juga obat yang digunakan secara oral (obat yang dikonsumsi dan bekerja dari dalam tubuh) seperti antibiotik misalnya. Konsultasikan dengan dokter sebelum kamu mengonsumsi obat ya!
  • Gunakan produk skin care yang mengandung AHA atau glycolic acid untuk mengangkat penumpukan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.
  • Buat tubuh dan pikiranmu rileks, serta hindari stress yang berlebihan.
     
source: http://www.webmd.com/
baca juga

Bukannya tidak mungkin, jerawat hormonal juga bisa kok diatasi secara maksimal. Apabila kamu masih kesulitan mengontrol jerawatmu, konsultasikan kondisimu ke dokter kulit ya, Ladies!