Munculnya Benjolan

Masalah pertama yang biasa muncul pada vagina wanita adalah benjolan di sekitar area kewanitaan. Jika kamu mendapati terdapat sebuah benjolan di area kewanitaanmu, segeralah konsultasikan pada dokter.

source: http://www.klikblogherbal.com/cara-menghilangkan-benjolan-di-bibir-vagina/

Pada dasarnya, benjolan pada vagina dapat terjadi karena bermacam-macam hal. Mulai dari akibat pertumbuhan rambut kemaluan ke dalam hingga kista bawah kulit atau kista sebasea. Langkah pertama untuk mengatasinya adalah dengan membasuh area benjolan dengan air hangat. Namun, apalbila semakin meradang harus segera berkonsultasi pada dokter. Jika tidak berbahaya, kamu akan diberikan krim hidrokortison. Sebaliknya, jika terasa nyeri yang terus menerus, dokter akan melakukan tindakan lanjut untuk mengatasi risiko kista yang ganas.
 

Aroma Tidak Sedap

Selanjutnya, masalah yang juga sering muncul pada vagina adalah aroma tidak sedap seperti bau amis hingga busuk. Bau ini merupakan pertanda adanya bakteri jahat yang bersarang di vaginamu. Untuk mengobatinya adalah dengan mengonsumsi antibiotik sesuai dengan anjuran dokter.

source: http://www.kesehatanwanita.id/2016/02/penyebab-bau-pada-vagina.html

Untuk menghindari bau tidak sedap ini, kamu perlu untuk meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan vagina. Mulai dari mengganti celana dalam secara rutin, mengganti pembalut setiap minimal 4 jam sekali, dan menghindari area kewanitaan yang lembap.

baca juga

Pendarahan Di Luar Masa Haid

Munculnya bercak darah di luar periode haid seringkali membuat wanita menjadi khawatir dengan kondisi kesehatan organ kewanitaannya ini. Namun, munculnya bercak darah juga dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti ketidakseimbangan hormonal saat kamu lupa mengonsumsi pil KB. Akan tetapi, jika bercak darah muncul dalam waktu yang cukup lama dan dalam jumlah yang cukup banyak, segeralah konsultasikan pada dokter. Hal tersebut dapat terjadi akibat infeksi dari kehamilan, atau adanya polip pada leher rahim. 

source: https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/perawatan-kewanitaan/vagina-berdarah-setelah-berhubungan-seks/

Timbulnya Rasa Gatal

Kamu sering merasa gatal pada area kewanitaan? Periksalah bagaimana kamu menjaga kebersihan vaginamu. Rasa gatal yang muncul diiringi dengan keputihan adalah hal yang terjadi akibat infeksi jamur dan bakteri. Namun, jika ternyata rasa gatal tetap hilang saat tidak keputihan, cobalah untuk memeriksa sabun dan produk perawatan organ kewanitaanmu. Kemungkinan rasa gatal itu adalah respon dari alergi yang terjadi pada kulit sekitar vagina.

source: http://beritahati.com/berita/4580/Penyebab%2BGatal%2Bpada%2BVagina
baca juga

Mengeluarkan Lendir

Keluarnya lendir lengket dari vagina merupakan hal yang biasa terjadi. Biasanya ini disebut dengan keputihan. Nah, keputihan ini pada dasarnya adalah hal yang normal terjadi pada wanita. Tetapi, jika terjadi dapat waktu yang lama dengan perubahan warna, kepekatan, dan bau yang tidak sedap, segeralah konsultasikan kondisimu pada dokter. Munculnya cairan ini dapat disebabkan oleh bermacam-macam hal. Jadi, jangan ragu untuk menghindari risiko terburuk dengan segera mengobatinya.

source: http://solusidengancaraalami.blogspot.com/2017/03/vagina-berlendir-dan-cara-mengobatinya.html

Nah, itulah lima masalah vagina yang sering dialami oleh wanita. Jangan pernah meremehkan hal-hal kecil yang terjadi pada tubuhmu. Kenali tubuhmu, dan segera konsultasikan pada dokter jika semakin parah.